3 tahun yang lalu
Oleh: Chairunnisa Ilmi

Mengulas Sistem Pendidikan di Indonesia, "Akankah ada perubahan untuk kedepannya?"


               

Oleh : Sovi Ayudia Putri

Editor : Chairunnisa ilmi


    Pendidikan mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter siswa dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan sebuah proses pendidikan tentunya sangat di dukung oleh metode dan strategi yang tepat guna mencapai tujuan sebenarnya dari pendidikan itu sendiri. Pendidikan juga bisa dikatakan sebagai aset berharga yang dimiliki seseorang untuk menjadi individu yang banyak dibutuhkan keahliannya. 

Kendati begitu, untuk mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dibutuhkan kemampuan, perjuangan serta biaya yang tidak sedikit, pasalnya semakin tinggi tingkat pendidikan yang ingin kita capai semakin sulit pula untuk didapatkan. Untuk alasan ini pulalah pendidikan terpadu perlu di canangkan.

Sistem pendidikan di Indonesia sendiri, masih membutuhkan banyak pembenahan dari berbagai aspek.

Meskipun pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan sistem pendidikan tapi tetap saja masih ada beberapa kelemahan di berbagai sisi.

Untuk melakukan revisi pada sistem pendidikan di dalam negeri agar optimal, tentunya kita perlu sebuah contoh referensinya dari negara yang sudah jauh lebih maju. Hal ini tentunya menjadi PR yang cukup rumit untuk pemerintah itu sendiri. Kendati begitu, harus ada perubahan yang nyata jika ingin mencapai arah yang lebih maju dalam sistem pendidikan di dalam negeri.

Dengan melakukan suatu perbandingan sistem pendidikan, hendaknya agar menjadi bahan introspeksi dari sisi mana yang perlu di perbaiki. Berikut adalah perbandingan sistem pendidikan di dalam negeri dan negara-negara di Asia.

Tidak lama ini, pemerintah mencanangkan sistem zonasi kepada hampir seluruh siswa yang akan mendaftar ke jenjang yang lebih tinggi. Kebijakan tersebut tentunya menimbulkan pro kontra di berbagai lapisan masyarakat banyak yang setuju dengan kebijakan tersebut dan tidak sedikit pula yang menolaknya.

Kebijakan tersebut merupakan salah satu contoh upaya pemerintah dalam memperbaiki sistem pendidikan  dengan menggabungkan siswa tidak berdasarkan nilai akademis, tetapi dengan sistem reguler. Hal ini secara teori dapat meningkatkan kualitas siswa secara merata  jika sistem pengajarannya terpadu. Akan tetapi akan terjadi hal sebaliknya jika tidak di kontrol dengan baik maka bukan tidak mungkin siswa yang awalnya pintar akan terjerumus ke dalam hal yang tidak semestinya.

 

 Dalam mengatasi masalah pendidikan memang tidak semudah membuang sampah sembarangan. Adanya berbagai ketimpangan dan efektivitas serta efisiensi yang kurang masih banyak ditemui. Gaya mengajar yang tidak kreatif serta sebagian besar berfokus pada hafalan menjadi masalah yang belum di temukan jalan paling jitu untuk mengatasinya.

Dengan dilantiknya menteri pendidikan yang baru, di harapkan bisa memberikan stimulus pada sistem pendidikan di Indonesia. Jika di bandingkan dengan Indeks pendidikan Negara ASEAN Indonesia masih berada di posisi ke 5 terendah.

Dengan demikian, diperlukan perombakan secara berani dengan mempertimbangkan segala sisi untuk mencapai kualitas pendidikan di Indonesia yang lebih baik. Dengan begitu Indonesia dapat bersaing dengan negara lainnya dalam hal sistem pendidikan. 

Dalam memberikan suatu sistem pendidikan yang berkualitas, peran pemerintah memang sangat penting dan memiliki tanggung jawab yang paling besar. Akan tetapi pendidikan di suatu negara tidak akan menghasilkan sumber daya yang berkualitas jika tidak ada peran signifikan dari masyarakat terhadap generasi muda di Indonesia itu sendiri.

Oleh karena itu bisa di katakan agar sistem pendidikan di Indonesia dapat berkembang masyarakat juga harus pro-aktif  memberikan kesempatan pada seluruh siswa untuk belajar dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Lalu akankah ada perubahan untuk kedepannya?. Kita bisa mulai dengan hari ini.

Akan ada perubahan nyata saat semua elemen dari negeri ini menyatu dan saling mendukung dalam menjalankan perannya secara optimal.


#eventmenulis #pendidikan #edukasi #sovi 

1 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.