3 tahun yang lalu
Oleh: Yohanes Bosko Warat Petun

PERKEMBANGAN ILMU- ILMU PENDIDIKAN DI INDONESIA DARI TAHUN 1995 SAMPAI 2005


Pada masa di kisaran tahun 1995-2005 bisa saya katakan bahwa masa itu adalah masa awalnya era revormasi dan akhirnya era orde baru. Di masa ini perkembangan ilmu-ilmu pendidikan di Indonesia mengalami beberapa kali perubahan kurikulum yang berlaku untuk proses pendidikan Di Indonesia, antara lain:


1.      Kurikulum 1994.


Kurikulum 1994  untuk pendidikan dasar memuat mata pelajaran diantaranya; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama, Pendidikan Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuaan Alam, Ilmu Pengetahuan sosial, Kerajinan  Tangan dan Kesenian, Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Bahasa Ingris dan Muatan Lokal. Dengan pendidikan wajib 9 tahun ( 6 tahun SD dan 3 tahun SMP).


Kurikulum 1994  memiliki susunan program ada dua yaitu program kulikuler yaitu program yang memuat jenis-jenis mata pelajaran dan program ekstrakulikuler yaitu program kegiatan yang diselenggarakan diluar jam pelajaran


2.      Suplemen GBPP 1999


Setelah kurikulum 1994 berjalan selama 5 tahun, direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah pada tanggal 14 juli 1999 menerbitkan penyempurnaan penyesuaian kurikulum 1994 atau  suplemen GBPP. Adapun bentuk penyesuaian antara lain, meliputi:


·        Penghapusan subpokok pembahasan


·        penyederhanaan subpokok pembahasan


·        penggabunggan dan pemindahaan pokok pembahasan


·        menunda pembahasan materi tertentu


·        menata  urutan dan distribusi pokok bahasan


·        menjadikan materi wajib menjadi pengayangan dan sebaliknya


·        penyempurnaan kalimat dalam GBPP yang diangap kurang jelas.


3.      Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2004


Kurikulum Berbasis Kompetensi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa, penilaian, kegiatan belajar mengajar, dan mengembangkan sekolah. Depdiknas(2002) mengemukakan karakteristik KBK  sebagai berikut:


·        menekankan pada ketercapaian kompetensi baik secara individual maupun klasikal.


·        berorientasi pada hasil belajar dan keberagamaan


·        penyampaian dalam pembelajaran mengunakan pendekatan dan metode yang bervariasi


·        sumber belajar bukan hanya guru


·        penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian suatu kompetensi.


(personal edukasi blog> By Irma, Mario and Claudia)


 


SEJARAH SINGKAT PENDIDIKAN DI MASA REVORMASI


Kurikulum 1994 digunakan pada masa pemerintahan Habibi telah mengalami penyempurnaan pada masa pemerintahan Gus Dur, pendidikan pada masa pemerintahan Megawati mengalami perubahan tatanan, antara lain:


1.      Diubahnya Kurikulum 1994 ke kurikulum 2000 menjadi kurikulum 2002 setelah disempurnakan ( kurikulum berbasis kompetensi) yaitu kurikulum dalam orientasinya dalam pendidikan fokus pada 3 aspek utama yang dikembangkan, antara lain aspek afektif,kognitif dan psikomotorik


2.      UU  No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disahkan pada 8 juli 2003 yang memberikan dasar hukum untuk membangun pendidikan nasional dengan menerapkan prinsip demokrasi, desentralisasi, otonomi, keadilan dan menjunjung Ham ( dikutip dari laman https://kompasiana.com)


Setelah jabatan Megawati turun dan digantikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono, UU No. 20/2003 masih berlaku ditambah dengan UU RI No. 14/2005 tentang guru dan dosen. Setelah penetapan UU tersebut disusul dengan pergantian kurikulum KBK menjadi KTSP berdasarkan pada PP No. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan ( di kutip dari www.gurupendidikan.co.id). KTSP merupakan kurikulum operasional yang dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan, tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan serta silabus.


#UASPIPJan2021


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.