5 tahun yang lalu
Oleh: Erwanda Nur Khofifah

Sosial dan Budaya di Harjamukti

Depok merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Salah satu kelurahannya bernama Harjamukti yang terletak di dekat Cibubur, Jakarta Timur. Harjamukti lebih dikenal sebagai Cibubur karena letaknya yang bersebelahan dengan Cibubur. Harjamukti juga dikenal sebagai tempat syuting karena sudah lebih dari 10 tahun daerah tersebut digunakan sebagai lokasi syuting berbagai sinetron dan FTV.

Saat ada acara pernikahan berlangsung, warga di kelurahan Harjamukti memiliki kebiasaan memberi bahan makanan kepada pihak yang memiliki hajat atau acara sehari sebelum acara pernikahan berlangsung. Bahan makanan yang biasanya diberikan antara lain adalah beras, mie telor, telur ayam, dll. Selain itu, sanak saudara dan tetangga terdekat dari pihak yang melangsungkan acara pernikahan turut membantu dalam masak memasak dari sehari sebelum acara berlangsung hingga acara tersebut selesai. Namun, biasanya acara pernikahan tidak di langsungkan di bulan apit atau bulan dzulqa'dah (bulan diantara bulan syawal dan dzulhijah).

Menjelang idul fitri, masyarakat di daerah tersebut biasanya saling "mengirim" makanan atau sembako kepada sanak saudaranya. Anak yang lebih muda dan sudah menikah biasanya memberi kepada yang lebih tua, termasuk orang tua dan kakak ipar, juga kakak atau adik dari orang tua si anak tersebut. Jika yang lebih muda tidak sanggup memasak untuk diberikan kepada yang lebih tua, maka dapat diganti dengan sembako seperti gula, teh, kopi, sirup, dll. Orang yang lebih tua akan merasa dihargai dan terbantu dengan pemberian dari anak atau adiknya. 

Demikianlah beberapa kebiasaan yang terdapat di kelurahan Harjamukti. Terima kasih


@Choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.