3 tahun yang lalu
Oleh: Allysya Ervina

AKIBAT COVID - 19, WORK FROM HOME

7 bulan lalu tepatnya di bulan Maret virus yang berasal dari Wuhan, China membuat warga Indonesia mengkhawatirkan nasib perekonomian mereka. Banyak para buruh pabrik yang di PHK karena faktor covid-19. Hal tersebut menyebabkan penurunan ekonomi yang drastis bagi masyarakat kelas menengah. Tidak hanya perihal ekonomi masyarakat, namun pendidikan pun menjadi dirumahkan. Ada dampak positif dan negatif dalam hal yang dilakukan dengan cara work from home atau disebut bekerja dari rumah.

Adanya media sosial dan beberapa akses yang memudahkan banyak orang untuk berbisnis akan menstabilkan perekonomian setidaknya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Teknologi canggih seperti di zaman modern seperti ini memudahkan masyarakat dalam melakukan komunikasi. Baik dalam interaksi jual beli maupun interaksi dalam bidang pendidikan.

Contoh dalam bidang ekonomi, masyarakat dapat berjualan melalui media sosial seperti instagram atau facebook, dan lainnya untuk menyebar luaskan apa yang dijual. Banyak dampak positif yang dapat diambil dengan kesempatan seperti ini. Makanan menjadi salah satu penjualan yang banyak dilakukan. Dari makanan korea, jepang, atau negara lainnnya dapat dimodifkasi dengan rasa lokal oleh orang-orang yang kreatif dalam urusan bisnis kuliner. 

Adanya virus yang bernama covid-19 ini tidak menghambat jalannya proses pendidikan. Karena pemerintah mengeluarkan kebijakan WFH atau Work From Home, dimana orang-orang bisa bekerja dari rumah untuk memutus rantai virus yang telah menyebar. Peserta didik dapat melakukan proses pembelajaran dari rumah dibimbing oleh pendidik melalui daring. Pendidik dapat memantau peserta didiknya saat sedang mengerjakan tugas dan memberikan materi pembelajaran seperti biasa baik secara lisan maupun tulisan. Beberapa narasumber mengatakan bahwa adanya sistem pembelajaran secara daring ini kurang efisien, dikarenakan sinyal ataupun kuota yang menjadi sarana utama untuk melakukan proses pendidikan. Mereka berharap covid-19 ini bisa cepat berlalu dan peserta didik dapat kembali ke sekolah seperti sedia kala. 

#TugasISBD4

9 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.