5 tahun yang lalu
Oleh: Admin Desa Fanjur

Sejarah Kampung Fanjur Kecamatan Supiori Utara Kab Supiori Papua



Sejarah Kampung

Kampung Fanjur Kecamatan Supiori Utara berdiri tahun 1991 merupakan pemekaran dari kampung Warsa Kecamatan Supiori Utara.  Sebelumnya merupakan kampung besar yang dimekarkan menjadi 5 kampung yaitu Kampung Fanjur, Kampung Kobarijaya, Kampung Warbor, Kampung Puweri, dan Kampung Warsa sebagai kampung Induk.

 

Keberadaan kampung ini ditetapkan berdasarkan Perda Kabupaten Biak Numfor  Tahun 1991. Pada waktu itu masih merupakan bagian dari Kabupaten Biak Numfor sebelum Kabupaten Supiori resmi dimekarkan berdasarkan UU No 21 Tahun 2001 Tentang Pemekaran Kabupaten. Kabupaten Supiori sendiri mulai jalan secara operasional  pada tahun 2003-2005 dengan pengangkatan carateker Bupati Supiori  Drs Yules Warikar.

 

Kata “fanjur” adalah bahasa suku Biak yang dalam bahasa indonesia berarti “berkumpul”. Nama ini mengandung makna bahwa dikampung ini berkumpul banyak orang untuk hidup bersama membangun  kehidupan sosial masyarakat yang maju, sejahtera dan hidup rukun berdampingan.

 

Selaras dengan arti kata “supiori” yang secara bahasa berarti “tanah yang muncul ke permukaan”. Memberi identitas pada tanah, yang cukup berbeda nyata dengan kabupaten tetangganya. Jika di Kabupaten Biak Numfor lahan didominasi oleh karang, di Kabupaten Supiori lahan didominasi dengan lahan pertanian yang subur. Sehingga di daerah ini, merupakan berkah Tuhan dengan kesuburan lahan yang tinggi sekaligus laut yang kaya.

 

Dalam sejarahnya pemerintahan Kampung Fanjur telah dipimpin oleh dua kepala kampung sebagai berikut:

1991 – 2016   dipimpin oleh Bpk Yosephus Mnusefer

2016 – 2021  dipimpin oleh Bpk Yeheskiel Binur

Dalam periode kempempimpinannya telah berkembang menjadi salah satu Kampung yang cukup terkemuka di Distrik Supiori Utara

 

Untuk operasionalisasi sehari-hari kantor Kampung Fanjur  memanfaatkan Kantor Dinas Pertanian yang kurang digunakan. Dengan demikian proses pelayanan masyarakat berjalan dengan baik dan disuport oleh sarana yang sangat memadai.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.