3 tahun yang lalu
Oleh: Elin Ismalasari

Perkembangan Ilmu Pengetahuan DiBidang Biologi Yang Dipelopori Islam


Kenapa Islam menjadi rujukan khusus untuk biologi untuk biologi? karena Islam mempunyai kitab Al-Quran yang jika anda bedah dan kaji isinya maka anda akan menemukan keseluruhan penjelasan secara konsisten, koheren, ilmiah, logis tentang bagaimana ilmu hayati (biologi) itu ada dan harus dipelajari juga diamalkan dalam dasar norma agama.

Dari situlah bermula para tokoh muslim yang lahir di Yunani, Kota Baghdad, Spanyol, Arab, dan berbai negara bermunculan dan mendominasi fokus mencari kebenaran-kebenaran sesuai apa yang dilihat, diteliti dan pada akhirnya disebarkan menjadi ilmu pasti yang teruji kebenarannya.

Tapi pada zaman ini, sepertinya semua ilmu terkenal yang ada ditemui oleh tokoh-tokoh barat. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan tokoh muslim pada masa terdahulu dengan totalitas sikap bijak, dimana lebih memilih untuk langsung mengajarkan dan mempraktikan langsung pada pelajar yang mau belajar, dan adapun buku-buku yang ditulis tidak mencantumkan nama penulis untuk menghindari rasa riya (sombong).

Ilmu pengetahuan adalah teori-teori yang dikumpulkan manusia melalui suatu proses pengajian dan dapat di terima oleh rasio, ini berarti Tokoh-tokoh muslim yg fokus pd ilmu alam pd masa terdahulu ketika menemukan pengetahuan baru, mereka catat kemudian diteliti lalu dimusyawarahkan secara ilmiah  dengan tokoh-tokoh yang mempunyai fokus yang sama hingga dilkukan penelitian bersama dan dihasilkan kesimpulan yang pasti logis diterima oleh semua peneliti juga masyakat.walaupun Banyak yg tidak setuju terutama dlm urusan cuaca, penyakit, genetika dll. Tetapi pelanpelan masyarakat percaya dengan adanya kejadian-kejadian yang dialami.

Menurut sejarah banyak ilmu di dahului oleh umat islam lalu di kembangkan sama barat, Sehingga tokoh muslim dan barat pada masa terdahulu damai. Contoh yang sdh difilmkan (the kingdom of heaven) diceritakn sejrah dlu di yerusalem muslim, samawi dan kafir damai sebagai bentuk urusan kemanusiaan contoh dalam hal pencarian obat penyakit kusta.

Sejarah pengetahuan ilmu islam dalam keyakinan islam,ilmu pengetahuan di mulai dari perintah Allah dari wahyunya kepada nabi muhamad SAW yang  pertama tentang  pemerintah membaca dan baca nelalu alquran untuk membaca dan belajar yang sangat  intens.dengan 2 aspek yaitu agama dan ilmu pengetahuan.

Proses pengkajian hingga di ambil kesimpulan itu dikenal dengan istilah intizhar, istilah tersebut merupakan suatu kajian yang berhubungan dengan nazhar. Intizhar itu amat berat, Karena peneliti yg melakukan bukan dr tokoh muslim.saja,. Sehingga ada kesepakatan, kesimpulan (intizhar) yang diambil berdasarkan pengujian. secara logis tanpa melihat agama apapun. Pada zaman ini peneliti banyak dari kalngan muslim, kristen dan hindustan. Sehingga mereka bernazhar (janji) untuk tidak mendeskriditkan agama apapun kecuali bekerja sama dalam hal kemanusiaan.

Pada masa kejayaan perkembangan intelektual muslim mencapai puncaknya sehingga cenderung membentuk pemikiran bebas (rasionalisme) dan moderat sebagaimana dikembangkan oleh aliran Mu'tazilah. Keadaan ini menimbulkan pertentangan dan kecemasan sebagian kaum kaum intelektual muslim.

Ilmu biologi itu kan bersumber dari tokoh-tokoh islam, tetapi saat ini kan banyak hukum atau ilmu biologi itu yang bertentangan dengan agama islam. Inilah yang indah dalam islsm perbedaan-perbedaan tidak berpengaruh kepada mereka jika memiliki sikap bijak. Contohnya kloning, islam dan agama apapun menentang. Tapi orang-orang banyak tak peduli tetap melakukan kloning (bayi tabung). Agama hanya mengingatkan, jika tetap dilakukan maka tetap saja berdamai.

#IAD11

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.