3 tahun yang lalu
Oleh: Ai Leli Yuningsih

Filsafat Lingkungan


              Filsafat itu berarti proses berpikir untuk mencari kebenaran dengan cara bertanya terus-menerus mengenai segala sesuatu dari persoalan budaya sampai politik, fisik dan metafisika, dari atom hingga galaksi dan sebagainya. Filsafat terdapat dimana-mana, ada filsafat Barat, filsafat Timur, filsafat Yunani, filsafat India, filsafat Cina, filsafat Kristen, dan juga filsafat Islam. Karena keberadaannya maka filsafat dapat dimaknai sebagai kearifan (sophia) dan pengetahuan (sapientia) yang dicapai manusia dengan akal pikirannya.

Filsafat Kontemporer, atau biasa juga disebut filsafat postmodernisme (setelah modern) di mulai sejak abad ke 20 hingga sekarang ini (abad 21). Filsuf pada zaman ini melahirkan paham-paham baru, diantaranya fenomenologi, filsafat perempuan atau feminisme, filsafat hidup atau eksistensialisme dan paham-paham lainnya. Pada abad ini pula, para filsuf kemudian mengkhususkan diri pada obyek kajian filsafat tertentu. Di sisi lain, para filsuf tersebut mengumumkan atau mengeneralisasi gerakan mereka ke dalam bentuk komunitas tertentu. 

          Filsafat lingkungan adalah salah satu cabang dari filsafat yang membicarakan lingkungan secara kritis, radikal, sampai menyentuh hal yang mendasar dalam hubungannya dengan antara manusia dan lingkungan. Filsafat lingkungan bukan hanya sekedar sebagai sebuah cabang ilmu filsafat, namun juga sebagai pandangan hidup yang memberikan kesadaran akan lingkungan, baik bagi semua pihak yang berhubungan dengan ilmu ini. maupun kesadaran umum bagi manusia, masyarakat dan bangsa.

-Filsafat lingkungan itu seperti menceritakan tentang lingkungan secara kritis, radikal, sampai menyentuh hal yang mendasar dalam hubungan antara manusia dan lingkungan.

-filsafat lingkungan bukan hanya sekedar sebagai sebuah cabang ilmu filsafat, namun juga sebagai pandangan hidup yang memberikan kesadaran akan lingkungan, baik bagi semua pihak yang berhubungan dengan ilmu ini, maupun kesadaran umum bagi manusia.

-Filsafat lingkungan adalah salah satu cabang dari filsafat yang membicarakan lingkungan secara kritis, radikal, sampai menyentuh hal yang mendasar dalam hubungannya dengan antara manusia dan lingkungan.

-Filsafat lingkungan itu ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang di dalamnya terkandung ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika, salah satu cabang dari filsafat yang membicarakan lingkungan secara kritis, radikal, sampai menyentuh hal yang mendasar dalam hubungannya dengan antara manusia dan lingkungan.

-Filsafat lingkungan adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai sikap dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sikap bijaksana dalam mengadapi berbagai problematika yg berhubungan dengan alam sekitar.

-Jika Filsafat adalah pengetahuan tentang seluruh kebenaran maka Filsafat lingkungan adalah pengetahuan tentang kebenaran mengenai lingkungan baik ekonomi, masyarakat dsb.

-Filsafat Lingkungan dapat dipahami secara global karena tertuju kepada kehidupan manusia. Filsafat lingkungan itu membahas antara kehidupan manusia dengan lingkungan. 

Jadi, filsafat lingkungan itu yang menjelaskan kehidupan manusia dengan lingkungan.


           Membahas filsafat lingkungan tidak dapat dilepaskan dari pengertian ekologi. Inti permasalahan lingkungan hidup adalah hubungan makhluk hidup, khususnya manusia dengan lingkungan hidupnya. Ilmu tentang hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya disebut ekologi. Oleh karena itu permasalahanan lingkungan hidup pada hakikatnya adalah permasalahanan ekologi, (Soemarwoto, 1997).

Istilah ekologi pertama kali digunakan oleh Haeckel seorang ahli biologi Jerman dalam pertengahan 1860-an. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti rumah dan logos yang berati ilmu. Ekologi secara harafiah berarti ilmu tentang makhluk hidup dalam rumahnya atau dapat juga diartikan sebagai ilmu rumah tangga makhluk hidup, (Soemarwoto, 1997)


#tugasfi13

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.