3 tahun yang lalu
Oleh: sintia malenia

Perubahan iklim global sebagai masalah krisis lingkungan yang berdampak negatif pada eksistensi manusia, pola pikir manusia, alam, dan sustainable development (pembangunan berkelanjutan)

Perkembangan ilmu sesungguhnya tidak bisa dilepaskan dari rasa keingintahuan yang besar diiringi dengan usaha-usaha yang  sungguh-sungguh melalui penalaran, percobaan, penyempurnaan, dan berani mengambil resiko tinggi sehingga menghasilkan penemuan-penemuan yang bermanfaat bagi suatu generasi dan  menjadi acuan pertimbangan bagi generasi selanjutnya untuk mengoreksi, menyempurnakan, mengembangkan, dan menemukan penemuan selanjutnya. Faktor-faktor inilah yang kemudian menjadi spirit dan motivasi bagi pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal penting yang perlu dicatat adalah bahwa pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan harus diimbangi dengan pengembangan moralitas spiritual, karena sebagaimana kita tahu bahwa Ilmu pengetahuan hakekatnya adalah bebas nilai, tergantung bagaimana manusia mempergunakannya.


Ilmu pengetahuan bisa berdampak positif, tetapi ia juga dapat memiliki dampak negatif bagi kehidupan manusia. Dampak positifnya adalah dapat semakin mempermudah dan memberikan kenyamanan dalam kehidupan manusia, sementara dampak negatifnya adalah dapat menghancurkan tatanan kehidupan manusia itu sendiri.

 Ada beberapa periode dalam perkembangan pola pikir manusia, diantaranya :

Periode yunani kuno

Yunani kuno adalah tempat bersejarah di mana sebuah bangsa memilki peradaban. Oleh karenanya Yunani kuno sangat identic dengan filsafat yang merupakan induk dari ilmu pengetahuan. Pada zaman ini banyak bermunculan ilmuwan yang terkemuka, yaitu thales, phytagoras, Socrates, aristoteles, dsb.

Periode islam

Tidak terbantahkan bahwa Islam sesungguhnya adalah ajaran yang sangat cinta terhadap ilmu pengetahuan, hal ini sudah terlihat dari pesan yang terkandung dalam al-Qur’an yang diwahyukan pertama kali kepada Nabi Muhammad saw, yaitu surat al-‘Alaq dengan diawali kata perintah iqrayang berarti (bacalah). Ada beberapa tokoh yang terkenal pada periode islam, yaitu ibnu sina dibidang kedokteran, al-biruni dibidang kimia,jabber bin hayyan dibidang kimia, dsb.

Masa renaisans

Renaisans adalah periode perkembangan peradaban yang terletak di ujung atau sesudah abad kegelapan sampai muncul abad modern. Renaisans merupakan era sejarah yang penuh dengan kemajuan dan perubahan yang mengandung arti bagi perkembangan ilmu. Di zaman ini, sains berkembang sangat pesat. 

Periode kontemporer

Pada zaman ini bidang fisika menempati kedudukan paling tinggi dan banyak dibicarakan oleh para filsuf. Sebagian besar aplikasi ilmu dan teknologi di abad 21 merupakan hasil penemuan mutakhir di abad 20. Pada zaman ini, ilmuwan yang menonjol dan banyak dibicarakan adalah fisikawan. Bidang fisika menjadi titik pusat perkembangan ilmu pada masa ini. Fisikawan yang paling terkenal pada abad ke-20 adalah Albert Einstein.

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, islam adalah agama yang cukup berpengaruh dalam dunia ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan ada beberapa nama penting dalam ilmu pengetahuan kuno maupun modern. Seperti apa yang terjadi di Abad Pertengahan Eropa yang merupakan 'era gelap', kemajuan ilmiah ditorehkan oleh dunia Islam. Di era tersebut lahir orang-orang Muslim jenisus di jazirah Arab seperti Baghdad, Kairo, Damaskus, Cordoba dan lainnya.


Berbagai disiplin ilmu baru muncul, mulai dari aljabar, trigonometri serta kimia. Belum lagi dunia kedokteran, astronomi, teknik serta pertanian. Teks bahasa Arab lebih digunakan ketimbang Yunani, dan revolusi 

Berikut beberapa penemuan penting yang ditorehkan ilmuwan Islam.


Al-Jazari : Di tahun 1100 an, sebuah jam yang sangat tidak biasa dan unik, dibuat oleh Al-Jazari, seorang insinyur dan matematikawan asal Turki.Ini adalah sebuah jam besar yang tampilan luarnya berbentuk gajah yang menopang berbagai ornamen yang disebut-sebut sebagai perpaduan berbagai budaya. Penemuan jam gajah ini digadang-gadang sebagai karya robotik pertama di dunia.

Ibnu al-Haytham : Seorang ilmuwan Arab Muslim bernama Ibnu al-Haytham adalah seorang yang punya kontribusi besar di dunia optik, astronomi, serta matematika. Ia bahkan disebut sebagai bapak optik. Tak hanya itu, di dunia barat dia juga dikenal luas hingga memiliki nama barat bernama Alhazen.

Ibnu Sina : Ibnu Sina atau dikenal di dunia barat dengan nama Avicenna, mungkin adalah nama ilmuwan terbesar dalam dunia Islam. Dia adalah seorang polimatik di mana ia menguasai ilmu fisika, astronomi, filsafat, dan beberapa lainnya. Ia sendiri paling terkenal dalam dunia medis, dan dinobatkan sebagai bapak medis modern.

Bidang yang selanjutnya terkenal dalam perkembangan ilmu adalah astronomi. astronomi menjadi satu-satunya ilmu pasti Islam yang bertahan hingga zaman modern dan berkembang setelah serangan Mongol atas Baghdad, yang menyebabkan aktivitas ilmiah Islam merosot. Astronomi yang berguna menentukan arah kiblat, perhitungan waktu shalat, dan pembuatan almanak dilindungi penguasa sepanjang sejarah. Dalam perspektif ilmiah, astronomi berjasa melahirkan ilmu trigonometri, kreasi Muslim yang mengagumkan. Berpijak pada astronomi pula, banyak sekali perkembangan penting lainnya terjadi pada bidang matematika, terutama pada teknik kuantitatif dan geometri. Sebab, semua ilmu itu dibutuhkan oleh para astronom Muslim. 


Perlu dicatat, astronomi adalah upaya internasional Muslim. Usaha bersama yang melibatkan orang-orang dari seluruh dunia Islam, termasuk para ahli dari Cina dan India. Oleh karena itu, penilaian yang disampaikan al-Battani bukanlah merupakan hal yang berlebihan.  Asal-usul astronomi Islam, menurut Ensiklopdi Oxford, Dunia Islam Modern, bersifat eklektik atau dirumuskan dari berbagai sumber terbaik. Risalah astronomi berbahasa Arab paling awal adalah kumpulan tabel astronomis yang dikenal dengan zij. Ditulis pada paruh pertama abad kedelapan di Sind dan Qandahar. 

Bidang selanjutnya adalah kimia. Ilmu  kimia sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia, terlebih pada abad modern ini. Akan tetapi, apabila kita menggunakan bahan kimia tanpa memperhatikan efek – efek negatif dari bahan kimia itu, maka  tidak musrtahi kitapun dapat menderita gara-gara bahan  kimia tersebut.  Ilmu alamiah modern memandang kimia termasuk dalam kategori Central Science ( pusatnya Ilmu), karena peranan kimia yang sangat penting diantara ilmu pengetahuan lainnya. Hampir semua ilmu pengetahuan alam bergantung pada ilmu kimia. Disamping berkaitan erat dengan ilmu lainnya, ilmu kimia juga dapat dimanfaatkan untuk mempelajari teknologi di berbagai industri yang memproduksi bahan-bahan baru (mulai dari industri sederhana hingga industri berat) yang menjadi kebutuhan kehidupan sehari-hari. 


Kimia memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, namun terdapat permasalahan dalam lingkungan hidup. Rangkaian pokok permasalahan dalam lingkungan hidup tersebut diantaranya : Pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam yang semakin terbatas. Grafik kenaikan penduduk dunia sejak permulaan abad ke-18 yang meningkat tajam. Pertumbuhan ekonomi tidak merata Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dilandasi oleh moral akan mengancam keserasian kehidupan di dunia. Permasalahan yang terjadi jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan kerusakan lingkungan hidup.


Terdapat faktor-faktor yang memengaruhi lingkungan hidup antara lain sebagai berikut: Kelakuan atau kondisi unsur lingkungan hidup. Misalnya orang merokok di ruangan tertutup dan membuat pengap. Jenis dan jumlah masing-masing unsur lingkungan hidup. Akan terlihat perbedaan lingkungan hidup pada daerah bukit tandus dengan daerah yang tertutup rimbun oleh tumbuhan. Hubungan atau interaksi antarunsur dalam lingkungan hidup. Interaksi ini tidak hanya menyangkut komponen biofisik melainkan juga hubungan sosial. Faktor-faktor nonmaterial, antara lain kondisi suhu, cahaya, dan kebisingan.

Bidang selanjutnya adalah teknologi. Teknologi bukanlah hal yang tabu di dengar pada abad ke-21.Kata teknologi menimbulkan berbagai macam makna yang terbesit di pikiran kita.Saya berani memastikan bahwa pembaca sekalian pasti sudah akrab dengan dunia teknologi yang modern seperti sekarang ini. Tidak usah terlalu jauh mengambil contoh, dengan membaca artikel saya ini secara tidak sengaja pembaca sudah bersentuhan secara langsung dengan dunia teknologi.


Teknologi sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting sehingga mempengaruhi kehidupan masyarakat. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia. Pada abad ini, dunia perdagangan berkembang dengan pesat bagaikan arus air.Hal ini dikarenakan penerapan teknologi dan informasi dalam dunia perdagangan misalnya pada bidang bisnis, teknologi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik dalam bidang ekonomi maupun perbankan. Pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja karena kebutuhan akan efisiensi waktu dan biaya. Dalam dunia bisnis, teknologi informasi sangat besar perananya untuk perdagangan elektronik.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) adalah dua hal yang tak akan pernah bisa terlepaskan dari kehidupan manusia. Apalagi, abad 21 ini adalah era globalisasi dimana hampir semua kegiatan manusia menggunakan sistem teknologi.Yang mana perkembangan teknologi sangatlah pesat, dalam hal ini teknologi sangat berpengaruh di kehidupan sosial kita. Apalagi jika kita amati lebih jauh, IPTEK sangat berpengaruh pada kehidupan sosial.

Disamping bidang-bidang tersebut, ada beberapa tokoh terkenal baik yang menemukan ilmu sains maupun ilmu sosial yang merumuskan beberapa pendapatnya mengenai perkembangan ilmu pengetahuan. diantaranya tokoh tersebut adalah :

Roger bacon (1214-1294), ia berpendapat bahwa pengalaman yang mendasari permulaan ilmu pengetahuan, dan merupakan ujian terakhir bagi semua ilmu pengetahuan, dan matematika merupakan syarat mutlak untuk nmengolah semua pengetahuan. Roger Bacon banyak bergerak di bidang politik dan agama, dan akhirnya ia ditahan dalam penjara. Karya-karyanya sebenarnya cukup banyak, akan tetapi berhubungan dengan soal agama, bertentangan dengan takhayul dan lain-lain. Sehingga buku-bukunya tersebut tidak diterbitkan dan baru kira-kira 500 tahun kenudian baru dicetak. Leonardo Pisa atau Fibonacci adalah seorang sarjana dari Italia Utara. Ia melanjutkan pengetahuan Aljabar yang telah dirintis Al-khawarizmi dan melakukan penyelidikan terus menerus. Sehingga akhirnya menemukan tiga akar dari persamaan pangkat tiga. Penemuan itu, rupanya hanya mengenai persamaan tertentu, jadi bukan metode yang umum. Ia juga memperkembangkan pemakaian angka Arab dalam sistem desimal serta menggunakan Aljabar dalam perhitungan. Soal pecahan juga digarap sekalipun dengan mengikuti cara Mesir Kuno, yaitu menentukan agara numerator tiap pecahan adalah satu.


Di samping garis ilmu pengetahuan dan sistematiknya, berkembang pula ilmu yang lain, misalnya, ilmu kedokteran ( Roger dan Salerno), ilmu kimia, dan ilmu bumi. Di zaman itu, juga ditulis beberapa  ensiklopedi tentang ilmuilmu pengetahuan. Yang terkenal diantaranya oleh raja Frederick II (11941250 M) di Sicilia dan Albetus Magnus (1194-1280 M). Perkembangan ilmu pengetahuan tampak lebih tegas debgan karya orang-orang seperti Copernicus, Galileo dan Johannes Kepler Coperniccus (1473-1543), ia terkenal karena mengajukan pendapat bahwa bumi dan planet-planet semuanya mengelilingi matahari. Matahari menjadi pusat (prinsip heliosentrisme). Pendapat ini berlawanan dengan pendapat di zamannya yakni pendapat Hipparcus dan Ptolomeus yang mengatakan bumi sebagai pusat (prinsip Geosentrisme), yang diperkuat oleh dogma agama. Sekalipun Copernicus membuat model, namun alasan utamanya bukanlah sistemnya, melainkan keyakinannya bahwa teori ini akan sangat membantu perhitungan.

Copernicus sendiri tidak berniat mengumumkan pendapatnya, mengingat keadaan pada zamannya. Pada tahun 1543 George Joachim seorang guru besar ilmu Matematika dari wittenberg menyusun sebuah buku tentang helioseontrisme dengan judul De Revolutinibus Orbium Coelestium ( Tentang perputaran alam semesta). Buku tersebut dimulai dengan beberapa ketentuan dasar mengenai Aksioma, yaitu : pertama, seluruh alam semesta merupakan bola (spherical). Kedua, semua benda angkasa dan bumi juga merupakan bola. Ketiga, semua benda angkasa bergerak secara teratur dalam lintasan yang bundar (Circular Uniform Motion) .

Dari keseluruhan artikel ini dapat disimpulkan bahwa manusia sebagai mahluk berfikir dibekali hasrat ingin tahu tentang benda dan peristiwa yang terjadi di sekitarnya termasuk juga ingin tahu entang dirinya sendiri. Rasa ingin tahu inilah mendorong manusia untuk memahami gejala gejala alam, baik alam besar maupun alam kecil, serta berusaha memecahkan masalah yang di hadapi. Dorongan rasa ingin tahu dan usaha untuk memahami dan memecahkan masalah yang dihadapi, menyebabkan manusia dapat mengumpulkan pengetahuan. Rasa ingin tahu yang terdapat pada manusia ini menyebabkan pengetahuan mereka menjadi berkembang, setiap hari mereka berhubungan dan mengamati benda – benda dan perisiwa – peristiwa yang terjadi di alam sekitar. Manusia yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam mencoba menjawab dengan menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalaman, tetapi sering upaya itu tidak terjawab secara memuaskan sehingganya manusia sering kali menggali terus menerus mengenai apa yang membuatnya penasaran dan rasa ingin tahu yang timbul secara terus menerus. Karena rasa keingintahuannya tersebut, manusia akhirnya dapat memperoleh sebuah ilmu yang didapat dari pengetahuan. Pengetahuan tersebut diuji secara terus menerus dan disepakati oleh seluruh ahli hingga menjadi sebuah ilmu. Maka dari itu, kita sebagai manusia harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi agar kita dapat berfikir apa, mengapa dan bagaimana kehidupan bisa terjadi serta nmengetahui keseluruhan alam semesta baik yang berdampak positif dan berdampak negative. Seperti apa yang dikatakan oleh seorang ahli filsuf yang bernama rene Descartes, yaitu segala sesuatu harus diragukan yang berarti hidup ini perlu memiliki rasa ingin tahu agar kita dapat berfikir tentang kehidupan di alam semesta ini. Terima kasih


#IAD15 #TUGAS_IAD15 #IAD_15 #ilmualamiahdasar15 #UAS_IAD #UAS_ilmualamiahdasar #ilmualamiahdasar


@animarlina  @choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.