3 tahun yang lalu
Oleh: sintia malenia

Iptek dan kebutuhan manusia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmu pengetahuan adalah gabungan berbagai pengetahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab dan akibat. Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Kata ilmu dalam bahasa Arab “ilm”. yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan. .

Teknologi bermakna metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan, keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi yaitu sebagai entitas benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai.

Teknologi, bukanlah hal yang tabu di dengar pada abad ke-21.Kata teknologi menimbulkan berbagai macam makna yang terbesit di pikiran kita.Saya berani memastikan bahwa pembaca sekalian pasti sudah akrab dengan dunia teknologi yang modern seperti sekarang ini. Tidak usah terlalu jauh mengambil contoh, dengan membaca artikel saya ini secara tidak sengaja pembaca sudah bersentuhan secara langsung dengan dunia teknologi.

Teknologi sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting sehingga mempengaruhi kehidupan masyarakat. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas pengaruh teknologi terhadap kehidupan manusia. Pada abad ini, dunia perdagangan berkembang dengan pesat bagaikan arus air.Hal ini dikarenakan penerapan teknologi dan informasi dalam dunia perdagangan khususnya padahal pemasaran. 

Misalnya pada bidang bisnis, teknologi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik dalam bidang ekonomi maupun perbankan. Pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja karena kebutuhan akan efisiensi waktu dan biaya. Dalam dunia bisnis, teknologi informasi sangat besar perananya untuk perdagangan elektronik.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) adalah dua hal yang tak akan pernah bisa terlepaskan dari kehidupan manusia. Apalagi, abad 21 ini adalah era globalisasi dimana hampir semua kegiatan manusia menggunakan sistem teknologi.Yang mana perkembangan teknologi sangatlah pesat, dalam hal ini teknologi sangat berpengaruh di kehidupan sosial kita. Apalagi jika kita amati lebih jauh, IPTEK sangat berpengaruh pada kehidupan sosial.

#IAD13 #Tugas_IAD13 #IAD_13 #ilmualamiahdasar13

@choyei @animarlina

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.