3 tahun yang lalu
Oleh: Eka Rahmayanti

Body Intelligence untuk perisai diri dan lingkungan



Body Intelligence


Setiap manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihannya masing masing dan dengan keunikan dan kepekaan yang berbeda-beda. Tapi semua manusia memiliki Body Intelligence (Kecerdasan Alami Tubuh) yang tidak semua manusia mampu mengenali dan mengendalikannya.

 

Body Intelligence (Kecerdasan Alami Tubuh),  sudah ada sejak manusia masih berbentuk sel kecil dalam kandungan dan terus-menerus menjaga tubuh kita sampai sekarang. Kecerdasan tidak hanya ada di otak atau emosional tapi juga ada di tubuh (sel dan seluruh organ yang kita miliki). Tubuh kita memiliki kemampuan menyampaikan keadaannya hanya saja tidak semua dari kita mampu menerima pesan tersebut dan menanggapinya. Body Intelligence adalah kemampuan untuk merasakan sensasi tubuh, mendengarkannya, lalu merespon dengan cara menghormati kebutuhan tubuh sehingga meingkatkan kualitas hidup kita. Saat seorang bayi yang belum bisa berbicara ia akan menangis saat lapar, haus, mengantuk, panas, dan lain sebagainya yang belum mampu ia sampaikan sebagai bentuk dari keceradasan alami tubuh. Body Intelligence-lah yang menyebabkan tubuh kita menggigil ketika dingin dan berkeringat ketika terasa panas. Body Intelligence-lah yang membuat kita merasa lapar ketika tubuh butuh makanan dan kehausan ketika membutuhkan air.

 

Jika ada virus berbahaya masuk ke dalam tubuh, Body Intelligence akan mengeluarkan panas untuk membakarnya. Sangat sederhana, Body Intelligence bekerja mengontrol dan menyelaraskan setiap sistem, organ, jaringan dan sel di dalam tubuh manusia, dan tanpanya, manusia tidak bisa hidup. Oleh karen itu Body Intelligence  dapat dikatakan  perisai diri. Bila kita memberikan asupan yang baik maka perisai tersebut akan kuat begitupun sebaliknya. Sangat penting untuk mulai memperhatikan, mendengar dan merenpon apa yang tubuh kita sampaikan. Sering sekali kita tidak menyadari akan kebutuhan tubuh kita sendiri. Bekerja tanpa mengenal waktu, tidak makan tepat waktu, bahkan sering mengkonsumsi makanan cepat saji yang kurang baik bagi kesehatan. Keluhan merupakan efek reaksi tubuh yang berhubungan dengan ketidakseimbangan sistem tubuh.  Beberapa ketidakseimbangan sulit dideteksi, itu karena kita sering mengabaikan keluhan-keluhan yang tubuh kita sampaikan. Tanpa disadari tubuh kita menyampaikan pesan bahwa ia dalam keadaan tidak baik tapi kita tidak mengdengarkannya dan mengabaikannya hingga tketidakseimbangan itu menjadi masalah besar yang berdampak pada kesehatan kita. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga dan mengembangkan Body Intelligence seperti istirahat yang cukup, olahraga yang cukup, makan makanan yang sehat dan bergizi.

 

Tubuh kita hanya kita yang mampu mengenali dan mengendalikannya dan sangat penting mulai mendengarkan dan merespon apa yang tubuh kita sampaikan dengan mengenali apa yang tubuh kita butuhkan kita dapat melindungi diri kita dan lingkungan kita. Meski terasa sangat sepele Body Intelligence merupakan bagian dari tubuh kita yang wajib kita perhatikan kebutuhannya untuk meningkatkan fungsinya.

#TugasIAD_05/Juni/2020

#mulai_hidup_sehat_dari_sekarang




 

 

 


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.