3 tahun yang lalu
Oleh: Ai Leli Yuningsih

Analisis SWOT

Ai Leli Yuningsih

20188300003

Analisis SWOT 



Menurut pendapat saya, setelah membaca dan memahami diktat halaman 56-60, bahwa PENGEMBANGAN ILMU DALAM PERADABAN MANUSIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP IPTEK, ada beberapa point yang bisa di simpulkan. 

1. Kekuatan, ilmu merupakan bagian dari pengetahuan dan pengetahuan merupakan unsur dari peradaban manusia atau kebudayaan. Ilmu dan kebudayaan saling mendukung satu sama lain, dalam beberapa tipe masyarakat ilmu dapat berkembang pesat demikian pula sebaliknya, masyarakat tak dapat berfungsi dengan wajar tanpa didukung perkembangan ilmu. Jadi, ilmu dan kebudayaan itu saling mendukung sehingga menjadikan kekuatan akan pengetahuan masyarakat. Ilmu merupakan sumber nikai yang mendukung terselenggaranya pengembangan kebudayaan nasional. Dan ilmu merupakan sumber nilai yang mengisi pembentukan watak suatu bangsa.

2. Kelemahan, penolakan ilmu. Seperti yang dilakulan gerakan-gerakan anti kebudayaan, atau kecenderungan tradisionalise Timur, akam mendatangkan malapetaka bagi masyarakat manusia. Sebaliknya, ditangan pelaku ekonomi yang rakus dan tak segan-segan mengexploitasi sesama manusia, atau dalam penguasaan kaum militer yang gila perang, ilmu dan teknologi merupakan ancaman yang amat menakutkan. Dan, apabila ilmu adalah kekuasaan, maka teknologi merupakan alat kekuasaan itu. kekuasaan teknologi itu adalah atas manusia, atas kebudayaan dan alam semesta. Tiada atau sangat kurangnya partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan yang menyangkut nasibnya, perusakan lingkungan, desakan yang kuat ke arah konsumerisme. Jadi, dalam banyak hal ilmu disalahgunakan oleh golongan elite

3. Peluang, Ada beberapa nilai ilmiah untuk kemajuan kebudayaan nasional, yakni kritis, rasional, logis, obtektif, terbuka, menjungjung kbenaran, mengabdi. Hendaknya bangsa indonesia menggunakan ketujuh nilai tersebut untuk membentuk bangsa indonesia yang modern. Karena bangsa yang modern akan menghadapi berbagai mermasalahan dalam politik, ekonomi, kemasyarakatan, ilmu dan telnologi maka sangat membutuhkan cara pemecahan ketujuh point tadi. Perlu disadari bahwa pembangunan yang dilakukan selama ini dialui telah memberikan perubahan-perubahan dalam masyarakat indonesia. 

4. Tantangan atau ancaman, penerpan ilmu, sangat bergabtung pada kepentingan si penguasa teknologi dan nilai-nilai moral etikanya, yaitu ketika masuknya budaya asing yang mudah di konsumsi oleh masyarakat.


#TugasFI8

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.