3 tahun yang lalu
Oleh: Anggita Rahmayani

Analisis SWOT

PENGEMBANGAN ILMU DALAM PERADABAN MANUSIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP IPTEK





Analisis SWOT


 Strength (Kekuatan)         

          Ilmu merupakan tonggak awal dari sebuah kata sukses. Seluruh perkembangan yang ada di muka bumi ini mengikuti perkembangan nya Ilmu. Di Indonesia ilmu-ilmu nya masih sangat murni dan kultur di Indonesia membuat ilmu menjadi terlihat nampak begitu cantik.


Weakness (Kelemahan)

            Jika saja di Indonesia bisa menggunakan nilai-nilai ilmiah untuk kemajuan kebudayaan nasional dari 7 nilai yang terpencar pada hakekat keilmuan yaitu :

1. Kritis

2. Rasional

3. Logis

4. Obyektif

5. Terbuka

6. Menjunjung kebenaran dan kejujuran

7. Mengabdi secara universal

 maka bansa ini bisa lebih efektif dalam memecahkan dari setiap permasalahan yang jadi di negara ini seperti hal nya masalah  teknologi  yang dihasilkanpun jauh lebih canggih dari yang ada saat ini, masalah politik jika kita memecahkan nya dengan terbuka dan universal maka sedikit nya angka kesalah pahaman, masalah pendidikan kini semua harus belajar dan mengajar dari rumah yang permasalahan nya adalah banyak dari dunia pendidikan yang menggunakan aplikasi buatan luar negri sehingga jika suatu saat terjadi sistem eror kita tidak bisa berbuat apa-apa, dan masalah-masalah lainnya


Opportunity (Peluang)

           Melihat keadaan bumi saat ini persediaan bahan bakar semakin hari semakin menipis dan hampir habis untuk itu kita bisa memproduksi bahan bakar yang ramah lingkungan juga menghemat BBM, seperti biofuel dan biogas pembuatan nya yang terbuat dari limbah kotoran hewan dan limbah tumbuh-tumbuhan yang tidak dapat menyebabkan tercemarnya lingkungan karena tidak menambah zat karbondioksida di atmosfer.


Threats (Ancaman)

         Negara-negara tetangga terutama Amerika sudah memproduksinya lebih dulu dan SDA di Indonesia belum banyak yang mengetahui dan bisa memproduksi biofuel dan biogas.


#FI9

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.