5 tahun yang lalu
Oleh: Admin Desa Kersamenak

MEMBUAT BANK SAMPAH, BUKAN SEKEDAR BAK SAMPAH!


Kata siapa bank melulu hanya soal uang, sampahpun bisa kita kelola dengan baik. Seperti di desa kersamenak, pengelolaan sampah dibuat dalam konsep pengelolaan bank sampah warga. Selama ini aktivitas pengelolaan sampah dikumpulkan di masing-masing RW di Desa Kersamenak Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Hasil dari masing-masing RW dikumpulkan di RW 05. Tentu sampah yang sudah dipilah sehingga siap jual.

Sampah itu komoditas mudah dijual lho, karena banyak sekali pengepul sampah yang siap membeli aneka sampah yang bisa didaur ulang. Diantara sampah yang dapat didaur ulang adalah kardus  kertas, kaca, plastik, besi dan berbagai jenis sampah lainnya. Semua jenis sampah-sampah tersebut saat ini teramat mudah untuk dijual.

Jadi jika dikelola dengan baik sampah yang tadinya membuat masalah lingkungan dapat menghasilkan. Dan dapat menjadi semacam tabungan masyarakat. Persoalan utama dalam hidup sebenarnya bukan soal ada tidak adanya kesempatan, tapi lebih sering ada atau tidak adanya kemauan.  Sampah itu sahabat jika dikelola dan kemudian menjadi musuh, bahkan teror jika dibiarkan tak ada sentuhan.

Desa Kersamenak Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut, akan hadir menjawab persoalan lingkungan warganya. Tanpa kerja keras maka masalah hanya akan jadi keluhan!

Anda setuju?

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.