4 tahun yang lalu
Oleh: Uswatun Hasanah

Batas-batas Penjelajah Ilmu

 Apakah batas yang merupakan lingkup penjelajahan ilmu? Dimanakah ilmu berhenti dan menyerahkan pengkajian selanjutnya kepada pengetahuan lain? Apakah yang menjadi karakteristik obyek ontologis ilmu yang membedakan ilmu dari pengetahuan-pengetahuan lainnya? Jawaban dari semua pertanyaan semua itu sangat sederhana: ilmu memulai penjelajahannua pada pengalaman manusia dan berhenti di batas pengalaman manusia itu sendiri.

Mengapa ilmu hanya membatasi daripada hal-hal yang berbeda dalam batas pengalaman kita? Jawabannya terletak pada fungai ilmu itu sendiri dalam kehidupan manusia yakni sebagai alat pembantu manusia dalam menanggulangi masalah-masalah yang dihadapinya sehari-hari.

Ilmu membatasi lingkup penjelajahnya pada batas pengalaman manusia juga disebabkan metode yang dipergunakan dalam menyusun yang telah teruji kebenarannya secara empiris.

Kata seorang filsuf yang bijak mengutip kata-kata yang terdapatdi Orakel Delphi, attinya kurang lebih, dalam masalah batas-batas ini: kenalilah (kapling) kau sendiri? ( bukankah tidak ada salahnya kalau kalimat ini kita tuliskan dalam batas buku kita)


#tugasFI4

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.