5 tahun yang lalu
Oleh: Andri Gerhana

YUKS AH, OLAHRAGA KEKINIAN DAN GAUL, BIAR STRONG!


Olahraga sepedah gunung ahir ahir ini menjadi olahraga favorit lagi setelah beberapa tahun ini vakum.   Semua orang sepakat olahraga ini selain penting buat kesehatan tubuh,  juga  banyak sekali manfaatnya dari sisi kesehatan mental, meningkatkan semangat. Selain itu bisa menjalin silaturahmi lebih erat dengan kawan, juga dengan komunitas lain.

Satulagi, bersepeda di pegunungan dengan tantangan yang menantang terbukti membuat badan lebih bugar dan bisa menjadi penghilang stres.

 

Olah raga ini biasanya dilakukan bergerombol, tua ataupun muda tidak jadi patokan buat menyukai olahraga ini. Suasana pegunungan membuat kita sedikit melupakan masalah masalah yang ada, walaupun hanya sementara ini bisa menjadi pengobat stres, baik permasalahan pekerjaan ataupun masalah lainnya.

Modalnya adalah sepeda, dan semangat untuk mengayuh, selebihnya penuh keceriaan!

 

Banyak kelompok kelompok sepedah gunung di Indonesia mungkin jumlahnya bisa ribuan kelompok tersebar di ratusan Kabupaten/Kota di Indonesia. Di Garut misalnya,  banyak grup grup sepedah gunung, dengan penamaan yang sedikit nyeleneh. Sebut saja ada nama group sepeda “japun jadah” sebagai arkronim dari  jago pudunan jago dahar, selain itu ada “matador” akronim dari  manggih tanjakan dorong.   Satu lagi nama “islami” dari kalangan kelompok muda yang sedang “mendadak santri, nama groupnya adalah  “HIJRAH” akronim dari  “ngahiji dina sapedah”

Yang paling keren sih Japun Jadah, karena jago turunan dan jagu urusan makan. Sikat terus,selagi nafsu makan sedang top-topnya...

Oh ya, soal lokasi.. gak ada persyaratan ketat, yang penting cukup memberi tantangan. Lokai speda gunung yang keren salah satuya di Garut. Ada ratusan track, spot, atau rute yang asyik, keren, dan memberi sensasi.

Oke bila penasaran, ini ada contoh yang dekat dengan ibukota, ada cirorek yg lokasinya di cilawu, sutu cibeureum samarang, talaga bodas wanaraja, karacak valey margawati, dan banyak lagi jalur yg lainnya yg biasa dipakai olahraga ini.  Tentu bila ingin lebih jauh bisa ke selatan Ada Jalur Cihurip Singajaya, Cihurip Pangrumasan, atau Cihurip Cikondang. Track Panjang yang asyik hanya perlu banyak persiapan.


 Sebenernya olah raga ini bisa dilakukan sendiri, tapi gak asyik, gak ada seru-serunya. Seru itu kalau jalan bersama, ketawa bersama, saling bantu dan tentu makan-makan bareng di pegunungan setelah cape.  Jadi bagi yang minat segera cari group biar lebih kekinian. 

Oh ya, untuk hal-hal baik gak usah kebanyakan mikir, langsung gabung saja!

Saya tunggu di group Hijrah, dijamin seru, sehat, kompak, dan juga banyak makanan.  Tentu kita manfaatkan waktukita agar  selain olahraga, juga membawa syiar perubahan!

2 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.