4 tahun yang lalu
Oleh: Admin Desa Putrajawa

SPIRIT WISATA DESA PUTRAJAWA SELAAWI GARUT


Wisata adalah seni mengelola potensi, dan itulah spirit desa ini..

Desa Putrajawa Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, merupakan salah satu desa paling unik pada saat pilkades.  Bagaimana tidak, Kades saat ini pada saat pencalonan bersaing dengan istrinya sendiri.  Fenomena ini hanya terjadi di Desa ini. Walaupun demikian, masyarakat dipersilahkan untuk memilih suami atau istrinya, bebas.

Pilkades yang unik, tanpa kekerasan, tanpa kampanye besar besaran. Juga tidak akan ada yang judi pilkades. Akhirnya pemilihan berakhir dengan damai, sedamai hubungan suami istri dalam keluarga.


Setelah satu periode menjabat Kades, Tahun 2020  pembangunan Desa ini mulai mengarah pada penataan wisata desa.  Spirit wisata desa berpacu dengan brand wisata desa Kecamatan Selaawi dengan konsep “kawasan bambu”. Putra jawa pun menjadi salah satu “modeling penting” dalam konteks pengembanan kawasan. Kawasan wisata yang berbasis alam dan budaya produktif warga dan dikemas secara baik dan berkelanjutan.


Potensi  wisata desa saat ini masih perawan. Gunung Pabeasan yang dicanangkan sebagai point of interest wisata desa dengan view Indah masih berupa kebun jagung, demikian juga kampung Cikakak sebagai sentra kerajinan tradisional masih belum tersentuh teknologi pengawetan. Semua masih perlu dikemas dengan visi besar pemimpin desa, kearifan lokal, serta kesepenuhatian. Wisata di masa depan bukan sekedar tentang tempat selfie, pesona view yang indah, tetapi juga kerja keras, kesiapan budaya, dan kesepenuhatian warganya. 

#putrajawa

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.