4 tahun yang lalu
Oleh: Fahmi Arifin

CACING GONSENG

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


Cacing Gonseng yang dijual ini tidak lah cacing tanah yang seperti anda kira, melainkan cacing ini adalah cacing kiriman dari bogor dan dikembangbiakkan disini sekarang, kami merawatnya didalam peti terbuka dengan memberikan makan seperti ampas kelapa, buah-buahan yang busuk, sayur yang busuk, dan lain sebagainya, Alhamdulillah sudah banyak yang membeli cacing ini, baik itu dari rumah sakit, tentara, dan banyak lagi, karna bukan hanya yang digonseng dijual melainkan cacing mentah atau hidup-hidup juga dijual karna diminati banyak orang untuk makanan burung, ikan, sebagai umpan pancing, dan lain sebagainya.

Cacing ini berwarna merah seperti halnya cacing pisang, tapi cacing ini lebih besar sedikit ukurannya dari ukuran cacing pisang, jika anda kurang yakin dengan informasi ini, anda dapat mendatangi alamat ini, yaitu Jalan Nusa Indah,

Cacing adalah spesies yang sering dianggap sebagai hewan yang menjijikkan karena tekstur tubuhnya yang licin, berlendir serta menggelit ketika disentuh. Cacing biasa dipakai untuk umpan memancing, pakan ternak, ataupun sebagai hewan penyubur tanah.

Selain dapat menyuburkan tanah, seringkali cacing dimanfaat sebagai umpan bagi mereka yang gemar memancing. Padahal di dalam dunia medis, hewan yang mampu membuat tanah semakin gembur dan subur ini ternyata dianggap sebagai hewan yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.Cacing atau yang memiliki nama latin lumbricina ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bukan hanya pandai memiliki manfaat untuk menggemburkan tanah, tapi ternyata cacing berperan penting dalam kesehatan manusia.

Protein dari cacing tanah yaitu sebesar 76 persen yang berarti lebih tinggi dari daging mamalia yaitu 65 persen, dan ikan yang 50 persen. Ada beberapa penyakit yang menggunakan cacing sebagai obat. Melalui banyak penelitian, terungkap bahwa cacing memiliki kadar protein dan asam amino yang tinggi dan baik bagi tubuh.

Seperti penyakit tifus, yang sudah diakui oleh para ahli bahwa hewan ini dapat menyembuhkan penyakit jenis ini. Cara pengolahannya juga mudah, hanya perlu membersihkan cacing, lalu cacing bisa direbus dan diminum dengan campuran madu. 

Selain penyakit tifus, cacing memiliki manfaat untuk kecantikan, obat penenang, serta memperlancar sirkulasi darah. Produk olahan cacing juga sudah banyak dijual seperti apotek sehingga kita tidak perlu mengolahnya lagi. Tapi jikalau ingin mencoba yang tradisional juga boleh saja asal kehigienisannya bisa dijaga.

 

Berikut adalah beberapa manfaat cacing untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

1.   Cacing bisa mengobati tifus

Salah satu manfaat cacing yang sudah dikenal luas sejak zaman China kuno adalah kemampuannya dalam mengobati tifus. Ekstrak cacing yang kini tersedia dalam bentuk kapsul ternyata bisa mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella ini.

Kandungan antibakteri di dalam cacing juga bisa melawan perkembangan bakteri ini sehingga membuat penderita tifus bisa sembuh lebih cepat.

2. Cacing bisa mengobati diare

Bakteri E.coli atau Escherichia coli disebut-sebut mampu menyerang saluran pencernaan dan menyebabkan diare. Beruntung, dengan menggunakan ekstrak cacing yang bersifat antibakteri, maka penyakit ini bisa segera diatasi dengan cepat.

3. Menyembuhkan luka lebih cepat

Ekstrak cacing ternyata kaya akan kandungan asam arakidonat yang bisa merangsang kulit memproduksi sel-sel baru sehingga bisa membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat cacing lainnya adalah melancarkan sirkulasi darah. Ekstrak cacing ternyata memiliki enzim yang bisa membantu menghancurkan kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah sehingga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sekaligus menjaga kesehatan organ kardiovaskular.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat cacing selanjutnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan tubuh. Khasiat ini didapatkan karena cacing memiliki pengenalan memori dan imunologi. Seperti hewan invertebrata kompleks lainnya, hewan ini menghasilkan beberapa jenis leukosit, menyekresi dan menyinstesis berbagai molekul imunoprotektif.

Cacing memiliki kekebalan bawaan, termasuk beberapa fungsi yang terkait dengan kekebalan adaptif. Adalah ceomocytes yang terlibat dalam kekebalan bawaan–memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh cacing.

6. Mengatasi peradangan

Sejumlah studi mengungkapkan, manfaat cacing juga bisa mengatasi peradangan,  proses oksidasi, dan menjadi indikator serum biokimia. Cacing ini juga mengandung senyawa organik bernama lumbrokinase, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh hiperkoagulasi. Kini, senyawa ini sering digunakan sebagai bahan suplemen makanan.

7. Mengatasi gangguan pembuluh darah

Perlu diketahui, enzim fibrinolitik yang terdapat pada cacing yang telah diekstrak ternyata dapat digunakan sebagai pencegahan penyakit yang berhubungan dengan dengan trombosis atau gangguan pembuluh darah.

 8. Mengatasi gangguan pembuluh darah

Manfaat cacing berikutnya yang bisa didapatkan adalah menjaga kondisi sel saraf tetap dalam kondisi baik. Adalah cacing jenis Pheretima aspergilum memiliki peran pada regenerasi sel saraf. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa cacing berpotensi memperbaiki jalur sinyal pada sel Schwann. Sel ini adalah bagian yang memiliki peran penting dalam menyembuhkan saraf yang rusak.

Manfaat cacing lainnya adalah biokimia ekstrak cacing juga berguna untuk memperbaiki sistem saraf. Pemberian ekstrak cacing jenis Lumbicrus dapat meningkatkan regenerasi sel saraf yang rusak. Namun, temuan ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

9. Meningkatkan energi

Manfaat cacing yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya meningkatkan energi. Hal ini karena kandungan taunin pada cacing membantu mengurai lemak dalam tubuh menjadi energi. Selain mendapatkan energi tambahan, konsumsi cacing juga dapat mempercepat penurunan lemak saat menjalankan program diet.

10. Menjaga kadar gula darah

Bagi Anda penderita diabetes, tak ada salahnya untuk mencoba konsumsi cacing. Cacing aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dikarenakan mampu mengontrol kadar gula darah pada tubuh dengan baik.

11. Mengatasi konstipasi

Konstipasi adalah salah satu masalah pada buang air besar di mana feses menjadi lebih keras dari sebelumnya. Kondisi ini bisa mengakibatkan terjadinya luka-luka sekitar anus dan juga memicunya munculnya ambien.

Guna mengatasi hal ini, Anda bisa mengonsumsi cacing. Alasannya karena cacing mengandung nutrisi yang dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh. Saat pencernaan dalam tubuh lancar, maka proses penyerapan makanan di tubuh akan berlangsung normal.

Nah, itulah beberapa manfaat cacing yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa pengobatan tradisional yang belum melalui proses penelitian secara ilmiah untuk membuktikan manfaatnya.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.