4 tahun yang lalu
Oleh: Ridhwan Abdurrahman

IPTEK

Nama : Ridhwan Abdurrahman

NPM : 20178300038


Dewasa ini peradabat umat manusia berkembang sangat cepat, ini tidak luput dari peranan Iptek. Perkembangan Iptek telah membawa banyak manfaat bagi manusia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Dalam kehidupan kita sehari-hari dizaman sekarang ini tentu sangat bergantung pada Iptek, contoh kecilnya yakni dalam tulisan yang sedang saya buat ini. Untuk menulis artikel ini saya menggunakan salah satu produk dari Iptek, yaitu Laptop. Laptop telah menjadi kebutuhan bagi para pekerja maupun dalam lingkup Mahasiswa bahkan hingga siswa. Ujian Nasional saat ini pun telah menggunakan sistem komputerirasi, baik itu menggunakan komputer sekolah maupun laptop.

Contoh lainnya dari pemanfaatan Iptek dapat ditemukan dalam pengolahan sumber daya alam, mesin-mesin industri maupun kendaraan bermotor, USG pada kehamilan, penyedia sarana hiburan baik televisi maupun social media dan lain sebagainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu karna sudah sangat banyaknya kebutuhan Iptek yang digunakan manusia.

Segala hal dalam dunia ini pastilah ada dampak positif dan negatifnya, dampak positif Iptek yaitu : Memberikan berbagai kemudahan, menambah wawasan dan pengetahun. Sedangkan dampak negatifnya yaitu : Mempengaruhi pola pikir, pengaruh disini membuat masyarakat cenderung agresif dan suka dengan hal baru. Yang kedua yakni Iptek menyebabkan hilangnya budaya tradisional, contohnya saja kegiatan jual beli yang dahulu dilakukan dengan tawar menawar kini sejak berkembangnya Iptek telah menjadi berbasis internet dimana penjual dan pembeli dalam bertransaksi tidak perlu bertatap muka, hanya perlu sekedar memajang deskripsi prodak kemudian dilanjut dengan percakapan online dan dilanjutkan pembayaran dengan proses transfer antar Bank, setelah selesai barang pun akan dikirim hingga ke depan rumah oleh kurir. Contoh lain dari dampak negatif yaitu banyak hilangnya sumber daya alam yang ada seperti hutan maupun sawah dibabat habis untuk pembangunan Gedung bertingkat. 

Solusinya yaitu manusia janganlah mementingkan egonya dalam kehidupan didunia, janganlah kita bersikap serakah terhadap alam, karna alam pun harus ada porsi nya di Bumi, jika tidak kita akan terkena akibat buruk dari perbuatan kita sendiri..

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.