4 tahun yang lalu
Oleh: Ridhwan Abdurrahman

Sumber Daya Manusia


Nama : Ridhwan Abdurrahman

NPM : 20178300038

Kemajuan suatu Bangsa terjadi karna penduduknya mampu bekerjasama dalam membangun Bangsanya, baik dari segi ekonomi, industri maupun yang lainnya. Semakin bagus kualitas manusianya maka suatu Bangsa akan semakin maju, Mengapa bisa? Hal itu sudah jelas, karna manusia lah yang berperan untuk mengolah, mengatur dan menjalankan sumber daya lainnya yang ada pada wilayah yang mereka tempati. Pertanyaannya, Tahukah kamu apa itu Sumber Daya Manusia? 

Sumber daya manusia dapat diartikan menjadi dua, yakni secara mikro dan makro. Pengertian SDM secara mikro adalah individu yang bekerja dan menjadi anggota suatu perusahaan atau institusi dan biasa disebut sebagai pegawai, buruh karyawan dan lain sebagainya. Sedangkan pengertian SDM secara makro adalah penduduk suatu negara yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja. Usia angkatan kerja disini yakni setelah penduduk menyelesaikan minimal jenjang Sekolah Menengah Pertama hingga penduduk yang berusia 64 Tahun. 

Indonesia sendiri masuk dalam peringkat 4 Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Dunia, terdapat lebih dari 260 juta penduduk yang ada di Indonesia, namun tidak semuanya masuk ke dalam usia kerja atau usia produktif. Jumlah Sumber Daya Manusia yang produktif lebih dari 68% dari jumlah penduduk yang ada. Ini merupakan suatu berkah tersendiri bagi Indonesia, namun mengapa dengan begitu banyak penduduk usia produktif belum mampu mengangkat Indonesia menjadi negara maju? 

Jawabannya ialah karna banyak dari kita yang masih Apatis, yakni memikirkan diri sendiri dan adapula anak Bangsa yang malah menjadi pecandu Game maupun Narkotika yang mereka malah merugikan Bangsa bukannya ikut membangun Bangsa.

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.