4 tahun yang lalu
Oleh: raehani safina al'arsy

Pengamatan air selokan

Selokan Anda pasti pernah mengenalnya bukan? Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan pasti tahu. Selokan merupakan drainase untuk menampung kelebihan air hujan sehingga tidak menggenangi badan jalan atau pemukiman penduduk. Air yang tertampung pada selokan pelan-pelan akan mengalir menuju sungai dan akhirnya ke laut.


Namun dengan seiring berjalannya waktu selokan sudah bertambah fungsinya. Selain menampung air hujan, selokan harus juga menjadi media "gratis dan praktis" dalam menampung pembuangan limbah domestik (rumah tangga) . Mulai dari mandi, cuci dan kakus atau dikenal dengan MCK mengalir dalam got.


Jadi, karena sudah bertambah fungsinya, got menjadi keruh dan berbau tak sedap. Dengan itu muncullah  sebuah temuan baru yang disebut MOL (Mikro organisme Lokal)yang dilarutkan ke dalam air selokan maka air tersebut akan menghilangkan bau tak sedap pada air selokan. Sesuai dengan percobaan saya, yaitu melarutkan MOL ke dalam botol yang berisikan air selokan yang berbau. Lalu setelah diamati, air yang tadinya  beraroma tak sedap berubah menjadi aroma ciri khas MOL yaitu seperti tape. Dan aroma yang kurang harum telah hilang.

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.