4 tahun yang lalu
Oleh: Ema Apriliana

Azas - Azas Lingkungan Hidup

Azas pengetahuan lingkungan adalah prinsip atau aturan yang mengatur tentang pengelolaan lingkungan. Azas ini sangat bermanfaat untuk landasan penelolaan lingkungan dan penyimpangan azas dapat mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan. Azas lingkungan terdiri dari 14 azas, 14 azas ini terbagi menjadi 4 yaitu, sumber daya alam (dari azas ke 1-5) keanekaragaman (dari azas ke 6-8) stabilitas ekosistem (dari azas ke 9-12) dan populasi (dari azas ke 13-14). Di artikel ini saya hanya akan membahas beberapa azas dan contohnya.

Azas tentang sumber daya alam

Azas ke 1 (Semua enerti yang memasuki sebuah organisma (hidup) populasi atau ekosistem dapat dianggap sebagai energy yang tersimpan atau terlepaskan. Energy dapat diubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain, tetapi tidak dapat hilang, dihancurkan atau diciptakan).  contohnya adalah energy listrik dapat diubah menjadi energy gerak.

Azas ke 3 (Materi, energy, ruang, waktu dan keanekaragaman, semuanya termasuk kategori alam). Contohnya adalah misalnya hewan mamalia di padang pasir pada musim kering tiba persediaan air dilingkungannya habis, maka harus berpindah ke lokasi yang ada sumber airnya. Berhasil atau tidaknya hewan bermigrasi tergantung pada adanya cukup waktu dan energy untuk menempuh jarak ke lokasi sumber air.

Azas tentang keanekaragaman

Azas ke 7 (kemantapan keanekaragaman suatu komunitas lebih tinggi dalam lingkungan yang mudah diramal). Contohnya adalah keadaan iklim yang stabil dalam waktu yang lama tidak akan melahirkan keanekaragaman spesies yang tinggi, tetapi juga akan menimbulkan keanekaragaman penyebaran kesatuan populasi.

Azas tentang stabilitas ekosistem

Azas ke 11 (Sistem yang sudah mantap (dewasa) mengeksploitasi sistem yang belum mantap (belum dewasa)). Contohnya adalah tenaga kerja yang berasal dari daerah enggan kembali ke asalnya, karena taraf keanekaragaman penghidupan kota besar lebih tinggi dari daerah asalnya.

Azas tentang populasi

Azas ke 14 (derajat pila keteraturan naik turunnya populasi bergantung kepada jumlah keturunan dalam sejarah populasi sebelumnya yang nanti akan mempengaruhi populasi itu). Contohnya adalah burung elang sangat bergantung pada tikus tanah sebagai sumber makanan utama, dan tikus tanah sangat bergantung pada spesies tumbuhan, tumbuhan tersebut sangat bergantung pada jenis tanah untuk hidupnya. Jadi semua populasi saling ketergantungan dengan satu dan lainnya.

Itulah beberapa azas yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

 Ema Apriliana

(20178300003)

@choyei 



 

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.