4 tahun yang lalu
Oleh: Hidayatun nahdia

Perkembangan Pendidikan di Indonesia

       

    Secara umum pendidikan adalah suatu usaha sadar yang dilakukan secara sistematis dalam mewujudkan suasana belajar-mengajar agar para peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya. artinya pendidikan bukan hanya sebatas menstransfer ilmu saja, namun yang lebih utama adalah dapat mengubah atau membentuk karakter dan watak seseorang menjadi lebih baik dan lebih sopan dalam berperlaku sehari - hari. 

        Perkembangan pendidikan di Indonesia diawali dengan bangkitnya  dunia pendidikan yang dirintis oleh Pahlawan kita Ki Hajar Dewantara dalam menentang penjajah pada masa lalu. jiwa nasionalisme dan perjuangannya serta wawasan kebangsaan yang dimiliki para pendahulu kita sangat besar, bahkan rela berkorban demi nusa dan bangsa.

Namun, bagaimana perkembangan sekarang? 

           Pendidikan Indonesia saat ini mengalami berbagai permasalahan. diantaranya adalah tidak meratanya pendidikan yang didapatkan oleh masyarakat Indonesia Tingkat penduduk Indonesia mencapai 243,7 juta jiwa, angka buta huruf semakin bertambah hal ini karena pertambahan penduduk tidak diimbangi fasilitas pendidikan.

        Oleh karena itu penyeimbangan jumlah penduduk harus segera ditangani demi keselarasan dan pemerataan pendidikan warga negara Indonesia, terutama pendidikan lingkungan hidup.  berbagai bencana di Indonesia seperti longsor, lumpur lapindo, badai dan banjir disebabkan minimnya pemahaman tentang lingkungan hidup.  pendidikan lingkungan hidup secara teoritis tidak merata di peroleh masyarakat baik secara formal informal maupun nonformal. perusakan dan pencemaran yang masih terus terjadi dan miningkat, penebangan hutan lindung untuk pemukiman liar, perusakan rimba bakau di pesisir, perburuan binatang yang terlarang, dan pencemaran sungai merupakan fakta yang terjadi saat ini.

        Untuk itu, marilah kita memulai tindakan nyata untuk peduli terhadap lingkungan !

tingkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai lingkungan hidup dan tingkatkan keterampilan dalam megelola lingkungan :)


Hidayatun Nahdia (20178300049)        

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.