5 tahun yang lalu
Oleh: Hasfizal Gampong Sapik

INI DIA KERENNYA GAMPONG SAPIK KECAMATAN KLUET TIMUR, PADA LOMBA DESA TINGKAT PROVINSI NAD 2018


Perjuangan apapu memang selalu tidak mudah dan butuh pengorbanan. Sesuatu yang berharga, bernilai, istimewa  dan prestatif akan selalu butuh proses, dan kerja keras untuk mendapatkannya.

Selama berbulan-bulan  sejak awal tahun 2018 aparatur Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan bekerja keras siang dan malam. Adakalanya mereka pulang larut malam saat orang lain sudah tidur, dan pagi-pagi hari sekali sudah datang ke kantor Gampong. Kerja yang tidak mudah, penuh pengorbanan.  Sejenak tidak ada waktu untuk santai berbincang santai di kedai kopi.  Aparatur bekerja siang malam membenahi data gampong, data warga, data profil, peta gampong dan berbagai data lainnya. Tujuanya agar Gampong Sapik menjadi yang terbaik, bukan saja di level Kabupaten Aceh Selatan tapi ke level yang lebih tinggi

 

Setiap hari nampak wajah Kechik dan juga aparatur penuh semangat  dari walau terlihat lelah.  Beruntung di Gampong ini masyarakatnya guyub, sehingga kerja keras pun bila didukung oleh banyak orang terasa lebih asyik.  Ibu-ibu dan bapak-bapak dan tokoh masyarakat biasa berembug bersama dalam menghadapi masalah di gampong. Tantangan menjadi yang terbaik membutuhkan kerja keras yang tak mudah:  dibutuhkan kesabaran, kekuatan mental, dan visi besar agar seluruh tugas, kerja dapat dikerjakan dengan benar dan penuh semangat.

 

Pepatah mengatakan bahwa  “tidak ada lelah bila kita lillahitaala”  demikian kiranya yang pas diungkapkan pada kerja keras saling bantu.  Kolaborasi juga sangat baik antar aparat gampong.  Selain itu dalam prosesnya medapat arahan sangat detail dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Kabupaten Aceh Selatan.   Kerja kolektf  penyiapan lomba desa menjadi istimewa karena dapat dibanggakan bersama dengan menadi juara I di Aceh Selatan dan juara I penilaian administratif I se Provinsi NAD

 

Tibalah waktu yang ditunggu, hari jumat tanggal 11 Mei 2018 para juri dari Provinsi NAD mengunjungi desa Sapik untuk melihat kondisi obyektif gampong ini.  Masyarakat dan aparatur gampong sangat antusias menyambut juri, sekaligus menjadi event kebersamaan warga, bahwa lomba desa itu telah membuat kebersamaan lebih erat, kerja lebih keras, inovasi lebih tinggi, dan suasana desa lebih meriah.

 

Tim penilai dari provinsi disambut dengan kalungan bunga dan berbagai suguhan kesenian dari Gampong Sapik.  Suasana sangat meriah selayaknya menyambut tamu penting, dimana segala potensi dan keramahtamahan Gampong Sapik diaktualkan. Event ini telah mejadi hajat warga Gampong Sapi, sehingga keseruannya bukan saja dinikmati aparatur tetapi seluruh warga yang antusias terlibat dalam kegiatan ini.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.