4 tahun yang lalu
Oleh: Nafiahnst

SAMPAH-SAMPAH YANG DIHASILKAN MASYARAKAT PABUARAN DALAM KEHIDUPAN KESEHARIANNYA


   Assalamualaikum wr.wb sobat,
Kali ini kita akan membahas mengenai sampah apa saya yang dihasilkan oleh masyarakat pabuaran, dan untuk itu saya telah mewawancarai 10 orang masyarakat pabuaran yang terdiri dari 7 orang ibu-ibu, 2 orang wanita lajang, dan satu orang bapak-bapak.
Dan hasilnya adalah rata-rata sam0ah yang dihasilkan sama yaitu sampah makanan sisa, kaleng-kalengnya ( ada yang bekas susu, ikan, saus, slay, dll), botol-botol, plastik( plasti belanjaan, plastik makanan ringan, deterjen, dll), Dan ada dari 3 keluarga yang punya sampah pempes karna masih memiliki bayi dan batita.
Kemudian saya bertannya kepada para warga tersebut bagaimana cara mereka dalam mengolah sampah tersebut?!
Dan hasilnya adalah 5 warga mengelola sampah dengan cara membakarnya saya, kemudian yang kaleng-kalengnya di jual ke rongsokan. 2 keluarga membuangnya di pasar cibinog atau kali. Sedangkan 3 warga lainnya membuang sampah dengan cara membayar iuran rutin untuk tukang sampah yang datang 3 hari sekali, dan dari 3 warga tersebut mengaku tidak memilah milih mana sampah kaleng dan mana sampah sayuran semuanya disatukan dan langsung diberikan kepada tukang aampah tersebut.

Dari jeterangat di atas, sangat disayangkan ya sobat karna masih ada aja warga yang ga peduli lingkungan, padahal menurut saya dari 3 cara mengelola sampah tersebut yang paling baik adalah dengan cara dibakar saya, seperti pengakuan dari salah satu warga yang membakar sampah tapi biasanya ada beberapa sam0ah yang dia kubur dan dapat menjadikan tanah tersebut subur loh.
Semoga kedepannya aparat pemerintahaan setempat dapat lebih perduli lagi dengan lingkungan dan memiliki cara-cara tersendiri agar dapat menjadikan sampah masyarakat penduduk pabuaran menjadi lebih baermanfaat.

Sekian dan terimakasih
Semoga bermanfaat😊.
#ISBD15

#TUGAS_ISBD15

@choyei 

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.