4 tahun yang lalu
Oleh: Hidayatun nahdia

IPTEK dalam Pertanian

       

  IPTEK memegang peranan penting  dalam proses peningkatan standar hidup, kesejahteraan, dan melindungi sumber daya alam dan keanekaragaman hayati.

    Pertanian merupakan sumber pendapat mayoritas masyarakat Indonesia. Negara Indonesia adalah negara agraris yang mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian. Sektor pertanian harus benar-benar di perhatikan oleh pemerintah untuk bisa memakmurkan rakyatnya. Kemajuan teknologi pertanian menjadi hal terpenting dalam meningkatkan hasil panen para petani. Kemajuan teknologi bidang pertanian mempunyai dua sisi yang berdampak pada bidang pertanian, yang pertama dampak positif dan dampak negatif. Mari kita uraikan satu persatu.

1.      Dampak Positif

               Pengolahan lahan yang luas membuat para petani memerlukan waktu yang lama tanpa adanya teknologi. Orang dapat menghabiskan waktu 1 hari dalam mengolah lahan pertanian seluas 3 hetar. Namun dengan adanya teknologi petani akan lebih mudah dan cepat dalam mengolah lahan mereka. Contohnya saja dengan mengunakan mesin traktor. Dulu belum ada mesin traktor yang ada hanyalah mereka menggunakan bantuan hewan seperti kerbau dan sapi untuk menarik garu atau yang lebih sederhana lagi hanya menggunakan cangkul. Itulah yang membuat mereka lama dalam mengolah lahan mereka. Selain dari segi waktu yang pastinya lebih hemat penggunaan teknologi juga hasil yang diperoleh oleh petani lebih beragam produk dan lebih melimpah. Dulu petani biasa menanam jagung biasa, sekarang dengan cara pengawinan tanaman (jagung) dapat menghasilkan jagung hibrida yang lebih banyak hasil dan lebih menarik bentuk fisik dari jagung tersebut. Dan masih banyak lagi tentunya keuntungan-keuntugan dari penggunaan tekologi.


2.      Dampak Negatif

            Polusi lingkungan disebabkan erosi tanah yg berlebihan sehingga sedimen tanah mengangkut pupuk kimia dan pestisida dari permukaan air dan bawah air, dan perlakuan yang tidak tepat terhadap kotoran manusia & hewan dapat menyebabkan masalah serius bagi kehidupan lingkungan maupun sosial diseluruh dunia. 

@choyei


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.