4 tahun yang lalu
Oleh: Sintia Malenia

mengetahui keragaman budaya yang berkembang di desa bojong jengkol

Indonesia memiliki keragaman budaya yang berkembang khususnya bahasa, religiusitas, menu makanan, aktivitas, dan lain-lain. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui budaya yang berkembang di indonesia? Salah satu caranya adalah dengan mewawancarai salah satu desa atau tempat tinggal. Walau hanya pada satu tempat saja, setidaknya kita dapat mengetahui bahasa, religiusitas, menu makanan, aktivitas pada warga setempat. Untuk mengetahui hal tersebut, saya mewawancarai warga yang berada di daerah kabupaten bogor yang terbilang masih pelosok dan asri yaitu di desa bojong jengkol. Dari hasil wawancara mengenai bahasa, religiusitas, menu makanan, dan aktivitas didapat hasil yaitu :
1. Bahasa yang digunakan warga desa bojong jengkol adalah bahasa indonesia dan bahasa sunda
2. Religiusitas warga adalah pengajian rutin setiap hari kamis, sabtu, dan minggu dengan mayoritas penduduk desa adalah islam
3. Menu makanan di desa tersebut adalah pada pagi hari biasanya banyak warung yang menjual nasi uduk, lontong sayur, dan ketoprak. Banyak juga yang menjual rujak. Menu saat lebaran biasanya adalah opor ayam, rendang, sate ayam, dan ketupat sayur. Biasanya juga banyak yang menjual tutut.
4. Aktivitas warga adalah pada pagi hari biasanya bekerja, mayoritas penduduk bekerja sebagai karyawan. Seminggu sekali selalu ada kerja bakti, kadang membersihkan masjid, kadang juga membersihkan lingkungan sekitar dan setiap minggu selalu ada acara sepak bola yang diadakan oleh pemuda serta setiap malam selalu ada jadwal ronda yang rutin dilakukan setiap malamnya.

#ISBD7

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.