4 tahun yang lalu
Oleh: Aditya Irawan

BANJIR DI TAHUN BARU 2020


Tahun baru ini ditandai dengan banjir di ibukota, sungguh sangat menyedihkan saat di negara lain pesta kembang api, di negara kita sebagian saudara-saudara kita mengalami masalah banjir, rumah tenggelam, kendaraan tenggelam, jalan tenggelam, listrik mati!

Ini  adalah bencana alam?

Kata ahli lingkungan sih, banjir bukan bencana alam, tapi bencana manusia. Karena hujan turun sebagai rahmat, untuk menghidupkan bumi, menjadikan bumi yang kering menjadi basah, menimbulkan kehidupan baru.

Sayang sekarang bahkan rahmat pun tidak bisa dikelola dengan baik. Lahan di desa banyak yang hutannya sudah di babat sehingga air tidak meresap. Daerah-daerah dengan kelerengan tinggi ditanami tanaman sayuran, demikian pun dengan sawah-sawah sudah banyak yang berubah menjadi permukiman sebagian berubah menjadi pabrik. 

Air itu sebenarnya sederhana, akan selalu pergi ke tempat yang lebih rendah sesuai gravitasi, dan ketika air berkumpul tanpa serapan, juga tanpa saluran yang memadai, maka air meluber, menembus apa saja, permukiman, sawah, kantor, mesjid, gereja, sekolah.


Tak perlu saling menyalahkan, jangan salahkan desa yang menanam tanpa memperhitungkan, karena boleh jadi yang punya modalnya orang kota, jangan salahkan orang yang tinggal di bantaran sungai, karena boleh jadi tak ada tempat lain yang membuat dia bisa bertahan.

Karena itulah air, memberi tahu kepada kita, bagaimana kita seharusnya!


#banjir

#2020

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.