4 tahun yang lalu
Oleh: Siti Nuraeni Habibah

Perubahan Perilaku Masyarakat


Menurut Prof. Selo Soemardjan perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadu pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial. Perubahan sosial ini akan menyebabkan perubahan pola perilaku masyarakatnya. Perubahan pola perilaku disebakan karena perubahan pola pikir warga karena perkembangan zaman dan teknologi.


Perubahan pola kebiasaan masyarakat berubah dari zaman ke zaman. Zaman sekarang sudah canggih apapun itu masyarakat sudah beralih ke gadget. Misalnya pada zaman dulu anak-anak jika bermain layang-layang, kelereng, dan permainan tradisional lainnya. Namun sekarang anak-anak mulai meninggalkan permainan tradisional dan beralih ke gadget.


Selain itu pula pada zaman dulu sangat terasa kekeluargaannya bisa dilihat dari seringnya ibu-ibu berkumpul untuk ngerujak atau yg lainnya. Namun di era teknologi sekarang ibu-ibu sudah beralih ke group whatsapp dan sudah mengikis rasa kekeluargaan.


Memang perkembangan teknologi membuat perubahan pola perilaku masyarakat selain ada sisi positifnya, tapi banyak juga sisi negatifnya

#tugasISBD8

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.