4 tahun yang lalu
Oleh: Hidayatun nahdia

Pemanfaatan Sampah Dapur menjadi Pupuk Cairan MOL

  •   
  •     Berbicara masalah sampah,  memang sudah tidak asing lagi di lingkungan kita . Umumnya, pengentasan masalah sampah hanya dilakukan dengan cara pengumpulan dan pembakaran.  Tentu saja hal ini dapat menyebabkan polusi udara yang dapat menyerang saluran pernapasan kita. 
  •     Namun,  sekarang tidak usah khawatir lagi. Karena kita dapat mendaur ulang sampah tersebut menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis dan memiliki manfaat yang banyak untuk kita yaitu dengan dibuat MOL. 

  •     Taukah kalian Apa itu MOL?? 
  • MOL  adalah Mikroorganisme Lokal yang diolah menjadi suatu produk yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang.   Bahan yang digunakan dalam pembuatan MOL terdiri dari berbagai komponen yaitu karbohidrat, glukosa dan sumber mikroorganisme. 
  •    Bahan dasar dalam pembuatan MOL berasal dari hasil perkebunan,  pertanian atau bisa juga dari limbah organik rumah tangga.  

       Jenis Mol sangat bermacam-macam.  Seperti Mol Ikan yang berasal dari ikan busuk.  MOL Sayur yang berasal dari sayur busuk dan masih banyak lagi.  


   Nah kali ini,  saya akan berbagi cara pembuatan MOL Akar yang berasal dari akar kangkung.  Jangan khawatir bahan yang digunakan dalam pembuatan Mol ini sangat mudah ditemukan disekitar kita.

CARA PEMBUATAN MOL AKAR

  Untuk menghasilkan MOL yang berkualitas,  kita memerlukan bahan yang mengandung nutrisi tinggi.  Bahan baku yang digunakan juga harus berada disekitar kita.  Nah berikut cara pembuatan MOL Akar :

Bahan :

air kelapa muda,  akar kangkung, gula pasir. 

Cara pembuatan :

1. Limbah akar kangkung di pisahkan dari batangnya dan di potong kecil-kecil.

2.  Masukkan kedalam wadah (baskom). 

3. Tambahkan air kelapa muda dan gula. 

4. Aduk hingga merata. 

5. Bahan-bahan yang telah tercampur di pindahkan ke dalam derigen. 

6.  Siapkan botol bening dan isi dengan air. 

7. Masukkan selang dari dalam derigen melalui tutup yg sudah dilubangi (selang tidak menyentuh mol) ke botol bening yang berisi air (selang menyentuh air). 

8. Pasangkan lakban ke tutup derigen dan botol bening agar menghindari masuknya udara. 

9. Tunggu sampai dengan 15 hari. Jika mol tercium aroma tape maka mol berhasil.  Jika mol tidak tercium aroma tape maka coba lagi :) 


@choyei

HIDAYATUN NAHDIA

20178300049 



0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.