4 tahun yang lalu
Oleh: FITRI HANDAYANI

Manfaat MOL

Mol (Mikro Organisme Lokal) adalah campuran zat karbohidrat, glukosa, nitrogen, vitamin dan mineral yang difermentasikan untuk menjadi larutan senyawa organik yang mampu mengembalikan unsur hara dalam tanah dan mengurai bakteri penyebab bau. Mol merupakan pupuk cair yang bersifat organik dan mudah dibuat karena bahan yang dibutuhkan mudah didapat yang berasal dari sampah organik dapur dan murah namun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan manfaatnya.


Penggunaan mol tidak disarankan untuk menyemprotkan langsung pada tanaman karena mol mengandung zat asam cukup tinggi yang bisa menyebabkan tanaman menjadi layu. Penggunaaannya cukup semprotkan pada tanah dekat tanaman tanpa mengenai tanaman secara langsung.


Selain untuk penyuburan tanah, mol dapat digunakan sebagai pestisida. Mol yang mempunyai komponen lengkap dapat memberikan apa yang lingkungan butuhkan.

Komponen dalam mol mempunyai multifungsi manfaat yang memberi harapan besar untuk tanah yang tercemar menjadi baru lagi dan memberi harapan  kepada organisme yang tak mampu hidup karena di dalam tanah tidak memiliki oksigen yang cukup.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.