4 tahun yang lalu
Oleh: Jelita Gusneli Sirait

PEMANFATAN SAMPAH ORGANIK DALAM PEMBUATAN MOL( Mikro Organisme Lokal )


 Apakah kalian tahu apa itu Mol? Mol ( Mikro Organisme Lokal ) adalah campuran zat karbohidrat, glukosa, nitrogen, vitamin dan mineral yang difermentasikan untuk dihasilkan satu laruta senyama organik yang kandungannya mampu mengembalikan unsur hara kompleks dalam tanah dan mampu menguraikan bakteri penyebab bau. Mol memiliki sifat yang mampu menjadi pengurai, mol bisa diadaptasikan didalam semua jenis suhu yang pada akhirnya akan mengubah struktur dan fungsi tanah, air, dan udara menjadi normal bahkan menyimpan berbagai macam sumber energi tambah yang akan dimanfaatkan di berbagai lingkungan hidup. Mol ini beranekaragam macamnya, yang bisa dibuat dari semua jenis sampah organik yang ada disekitar kita atau masyarakat.
   Didalam bidang pertanian mol yang digunakan harus yang terbuat dari bahan organik dari semua jenis sayuran, atau untuk perkebunan buah maka dibuat dari semua jenis sampah organik yang berasal dari buah-buahan. Mol juga dapat berfungsi sebagai pestisida yang bisa didapatkan dari seluruh kelestarian tumbuhan dari hama dan mampu mempercepat pertumbuhan tumbuhan dengan aman tanpa merusak bagian-bagian dari komponen ekosistem yang terdapat disekitat tumbuhan yang diberi mol. Begitu pula di bidang rumah tangga. Ada berbagai kegunaan MOL, salah satunya sebagai penghilang bau tidak sedap , sebagai pengganti baygon cair, dan dapat juga membasmi kecoa yang terdapat dirumah. Untuk penggunaan mol dalam penghilang bau di toilet mol dapat dicampurkan dengan air. Karena 1 botol mol dapat digunakan untun beberapa bulan hingga sampai bertahun. Karena pemakaian mol ini sangat hemat.
   Begitu pula di bidang rumah tangga. Ada berbagai kegunaan MOL, salah satunya sebagai penghilang bau tidak sedap , sebagai pengganti anti nyamuk cair, dan dapat juga membasmi kecoa yang terdapat dirumah. Untuk penggunaan mol dalam penghilang bau di toilet mol dapat dicampurkan dengan air. Karena 1 botol mol dapat digunakan untun beberapa bulan hingga sampai bertahun. Karena pemakaian mol ini sangat hemat.

   Namun sampai sekarang masyarakat  belum banyak yang mengetahui tentang MOL. Tetapi setiap orang mampu membuat MOLnya sendiri. Karena membuat MOL bukanlah perkara yang sulit jika dilakukan dengan cara yang benar. Karena bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan dirumah karena MOL merupakan hasil fermentasi dari sampah organik yang dicampur dengan glukosa (gula), air kelapa, dan air biasa yang kemudian didiamkan selama kurang lebih 15 hari. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapat karena hampir semua bahan yang diperlukan berasal dari dapur. Jadi, marilah kita memanfaatkan sampah organik yang terdapat dirumah kita sendiri untuk mengurangi sampah dilingkungan kita sendiri.

Jelita Gusneli Sirait : 20178300030

@choyei


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.