4 tahun yang lalu
Oleh: SARIPUDIN

DESA SAGARA CIBALONG BUTUH SENTUHAN CINTA KADES KEREN


Banyak orang tidak tidak menyadari bahwa Desa Sagara merupakan nama desa paling gagah dan seksi di Kabupaten Garut, Sagara mengandung arti samudera yang gagah, indah, dan kaya sumber daya. 

Sebentar lagi akan melaksanakan pemilihan kepala desa, serentak bersama ratusan desa lain yang juga akan memilih yang terbaik bagi desanya. Tentu bukan memilih pemimpin paling banyak uang, paling royal, apalagi sekedar paling popular. 

Pemimpin yang baik itu paling penting saat ini jujur, bukan yang lincah mencari proyek dan meninggalkan warga desanya. Karena dana desa  (DD) sudah ada tersedia dengan cukup,  alokasi  dana desa (ADD) dari sumber APBD Kabupaten pun cukup besar. Desa Sagara pun masih mendapat lagi dana dari sumber bantuan keuangan provinsi Jawa Barat.  Jumlah total berkisar Rp. 1.2 M dalam satu tahun. 

Desa Sagara Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut, membutuhkan pemimpin yang jujur, pemimpin yang cekatan, mudah bergaul dengan masyarakat dan tentu saja visioner. Atau kata orang sunda “boga kahayang teu kuuleun”. Karena dunia dewasa ini berkembang sangat cepat dengan internet. Kepada desa di masa depan juga harus paham internet, memahami seluk beluk perkembangan teknologi informasi, sehingga warga desa dapat diajak berpikiran terbuka dalam membangun desa, tidak “kurang batokeun”



Pemimpin muda bisa menjadi salah satu opsi jika pemimpin mudanya mempunyai visi yang jelas. Setidaknya ada beberapa keuntungan kepemimpinan muda antara lain adalah sebagai berikut:

1.      Mempunyai kreatifitas lebih tinggi

2.      Energi yang besar untuk berkembang, mencari cara-cara baru untuk meningkatkan perekonomian warga

3.      Dapat menciptakan terobosan dalam menjamin bahwa seluruh penduduk desa dapat dipastikan dapat hidup dengan layak, tentu saja bukan dengan uang kepala desa, tapi dengan inisiatif gotong royong kades bersama warga

4.      Jika salah relatif mudah diingatkan dibanding yang berasal dari tokoh yang sudah mapan, karena semakin mapan berkecenderungan mempunyai ego yang tinggi



Tentu saja pemimpin muda pun mungkin ada kekurangan, paling tidak masih kurang pengalaman, dengan demikian pemimpin muda perlu terus mencari pengetahuan baru, bertanya lebih sering, dan menuliskan gagasan lebih intensif. Agar mengelola desa tidak sekedarnya saja, tidak cukup menjadi desa biasa-biasa saja.

Saatnya desa Sagara Kecamatan Cibalong dipimpin oleh olang yang energinya besar seperti ombak, perilakunya indah seperti pasir putih, pengetahuannya dalam seperti samudera (sagara) dan penuh cinta! Agar desa sagara menjadi model pembangunan perdesaan yang berwawasan lingkungan dan mensejahterakan warganya, bukan sekedar mensejahterakan pemimpinnya.

Sagara masa depan adalah desa yang bukan saja indah suasanya, berkesan alamnya, tapi juga desa yang inspiratif, dikelola dengan data yang benar, dengan cara yang benar, dan dengan tujuan tujuan yang benar pula.

#Desasagara

#kadessagara

#klipaa

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.