4 tahun yang lalu
Oleh: Muhamad haiful fudhul

Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik usia 1 - 4 tahun

Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik "Usia 1 sampai 4 Tahun


     Anak usia 1 tahun ,Seorang anak tidak memiliki rasa takut pada siapapun.Karena pad ausia 1 tahun seorang anak memerlukan cintakasih yang lebih, selalu taat aturan, dan selalu mengantungkan segalanya kepada orang lain dan selalu menangis ketika mendapat gangguan dan merespon ketika diajak bermain.

    Usia 2 TahunAnak mulai mencari tahu apa yang ada di sekitarnya. Memiliki rasa ingin tahu tinggi.Mulai menirukan prilaku orang disekitarnya.

       Masa Peralihan Pada masa peralihan 2 ke 3 adalah masa sulit.Karena pada masa ini anak ingin mencoba kemampuannya serta mulai mengambil pelajaran dari percobaan dan kesalahan yang terjadi.Anak mulai merusak dengan sengaja atau tidak.Cenderung melawan perintah orang tua.Sering membangkang dan berkata “tidak”, dan sering marah bila diganggu.Tetap ikita tidak boleh menghalangi emosinya dan membiarkan anak melampiaskan gejolak emosinya.Pada tahun ke-3 anak lebih tenang dari masa sebelumnya.Anak dapat lebih memahami dan bekerja sama.

     4 tahun Anak semakin aktif dan berusaha mencari tahu tentang segala yang ada di sekitarnya, juga tentang dirinya.Mulai bertanya tentang segala sesuatu.Pada masa ini anak menjadi lancing berbicara, terkadang mengejek orang lain bahkan keluarga dekat. Menurut Nashari, anak usia 1-4 adalah masa-masa eksplorasi; dengan eksplorasi yang dilakukan anak dapat memperoleh pengetahuan yang bersifat indrawi (konkret) selanjutnya menyimpannya dalam pikiran. Oleh karena itu, kesan anak terhadap benda-benda konkret biasanya sangat kuat.Selain itu, pada masa ini anak juga sudah dapat dilatih mendisiplinkan diri dengan mengajarkan konsekuensi alami dan logis dari perbuatannya.Awal dua tahun pertama merupakan periode sensori motor, pada tahap ini anak belajar untuk meningkatkan kemampuan pengindraan dan motoriknya untuk melatih kemampuan berpikir kelak.

     Teman saya rasa cukup untuk pembahasan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik usia 1 sampai 4 tahun ini saya ucapkan terimakasih telah membaca dan mohon maaf atas segala kekurangan ,semoga catatan ini bermanfaat dunia dan akhirat,

Wassalamu'alaikum warahmatuahi wabarokatuh...

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.