4 tahun yang lalu
Oleh: Dian

Karakteristik Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar al -adzkar


       Perkembangan (Development) merupakan suatu proses yang pasti di alami oleh setiap individu, perkembangan ini adalah proses yang bersifat kualitatif dan berhubungan dengan kematangan seorang individu yang ditinjau dari perubahan yang bersifat progresif serta sistematis di dalam diri manusia.

      Perkembangan pada anak dapat dilihat melalui karakteristik berikut yang pertama dapat dilihat dari perubahan tubuh misal otot anak laki-laki lebih kuat,  anak yang tumbuh tinggi,  dll. Dan perkembangan psikomotorik adalah pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf. 

   Untuk mengetahui keterampilan pada Anak Sekolah Dasar saya memberikan beberapa pertanyaan yang pertama kalo ada temen yang sakit ciri-cirinya gimana?  8 dari mereka menjawab pucat,  lemes,  diam dikelas, dan 2 lainnya tidak tahu. Pertanyaan kedua adik-adik kalo main sama siapa aja, terus kalo main biasanya main apa?  Mereka semua menjawab bermain dengan teman,  tetapi 2 diantaranya bermain bersama adik juga,  mereka biasanya bermain petak umpet,  gobak sodor,  main hp. Pertanyaan ketiga saya mendiktekan " ada seorang Raja dan Ratu tinggal disebuah kerajaan yang sangat besar " dan 6 diantara mereka dapat mengulangi apa yang saya diktekan,  sedangkan 4 orang masih ada kata-kata yang kurang misal,  sebuah, kerajaan dan sangat. 

      Dalam perkembangan kognitif anak di atas dapat disimpulkan penilain mereka terhadap "membaca" orang-orang lumayan Bagus,  dan Bagus pula dalam hal "pendengar yang baik. 


@choyei

@animarlina


0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.