4 tahun yang lalu
Oleh: Ramadhanty

Ilmu Astronomi

Siapa yang pernah memperhatikan benda-benda yang ada di langit? Tentu sejak kecil sudah sering memperhatikan matahari, bulan, bintang dan sebagainya. Sejak kecil kita di kenalkan bagaimana sih bentuk matahari, bulan, bintang dalam ilustrasi oleh orang tua kita. Benda-benda langit berada di luar angkasa, lalu apa sih luar angkasa itu? Bagaimana cara ilmuan melihat berbagai macam benda-benda langit? Mungkin itu pertanyaan yang sering muncul di dalam diri kita.

Ilmu Astronomi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari lintasan benda-benda langit. Yang bertujuan untuk mengetahui posisi dari benda-benda langit itu serta kedudukannya dari benda-benda langit yang lain. Ilmu astronomi terus semakin berkembang, dengan berkembangnya ilmu astronomi maka diketahui bahwa planet bumi dan planet-planet lainnya selalu berputar pada porosnya, diketahui bahwa bumi berbentuk bulat dan lain sebagainya.

Perkembangan ilmu astronomi sudah berkembang dari sebelum masehi, seperti dalam kitab al-khulasah al-wafiyah oleh Zubaer Umar Jailani yang menjelaskan ilmu pertama kali di temukan oleh Nabi Idris AS yang membawa misi monoteisme akan zat yang menciptakan alam semesta ini (tuhan semesta alam). Dahulu para ilmuan meneliti dengan kasat mata, dan kemudian menggunakan teropong bintang. Semakin berkembang nya ilmu, semakin banyak dan semakin canggih alat-alat yang di gunakan untuk melihat keadaan luar angkasa.

Seperti contohnya pada miniatur bumi atau kita sering menyebutnya juga globe, di buat dengan mirip seperti bumi aslinya dengan warna-warna yang melengkapinya. Seperti miniatur keadaan planet-planet yang berada pada porosnya di peralatan laboratorium sekolah. Bagaimana bisa membuat globe tanpa ada nya perkembangan di bidang ilmu astronomi? Dengan perkembangan astronomi yang pesat kita bisa dengan sangat mudah mengetahui berbagai gambaran tentang keadaan luar angkasa, bagaimana bentuk bulan sebenarnya, bagaimana perputaran matahari terbit dan matahari tenggelam, berbagai fenomena-fenomena luar angkasa, macam-macam bintang, kita bisa mengetahui bahwa bukan manusia yg berputar tapi bumi lah yang sebenarnya berputar, dan masih banyak yang kita bisa ketahui dengan membaca buku-buku yang menjelaskan tentang astronomi.

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.