4 tahun yang lalu
Oleh: Ramadhanty

Lezatnya Mie Instan

Pada masa modern ini apa sih pentingnya kita mengetahui ilmu kimia? Ilmu kimia sangat di butuhkan bagi kehidupan manusia agar kita mengetahui mana yang bersifat positif bagi tubuh kita dan mana yang negatif bagi tubuh kita. Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan bisa terlepas dari bahan-bahan kimia.

Lezat nya Mie Instant. Siapa yang tidak suka mie instant? Saya rasa, hampir semua orang suka dengan mie instant bahkan suka sekali. Tidak hanya di kalangan orang dewasa yang suka dengan mie instant, anak kecil pun sangat suka dengan mie instant. Kini varian rasa mie instant pun semakin beragam. Di indonesia mie instant sudah seperti makanan pokok. Selain praktis membuatnya, murah pula harganya, dan nikmattttt pula rasanya. Mie instant bisa di jadikan lauk untuk makan bersama dengan nasi, dan bisa pula di jadikan cemilan di kala santai dan di kala hujan.

Namun kita harus mengetahui, sesuatu yang instant atau cepat saji pasti mengandung  bahan bahan pengawet agar dapat bertahan lama. Mie instan merupakan salah satu makanan yang telah diproses. Makanan yang diproses bukan hanya makanan yang telah jadi lalu dipanaskan lagi. Makanan yang diproses adalah makanan yang telah diubah dari bentuknya yang asli menjadi bentuk baru lagi karena alasan kesehatan, kenikmatan, maupun alasan tertentu lainnya. Proses yang dapat terjadi pada pemrosesan makanan ini antara lain adalah pendinginan, pemasakan, pemanasan dan pengeringan. 

Terlepas dari rasanya yang nikmat, apa kalian tau bahaya dari mie instant jika kita terlalu sering mengkonsumsinya? Terlalu sering memakan mie instan dapat menimbulkan penyakit kronis, di antaranya kanker, obesitas, menyebabkan keguguran pada ibu hamil, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimanakah mie instan mampu menyebabkan beberapa penyakit mengerikan itu? Dari sebuah penelitian, mie instant ternyata aktif dalam menggaggu pencernaan. Mie olahan sendiri dapat dicerna dalam kurun waktu 2 jam saja, sementara mie instan belum juga hancur dan sangat sulit dicerna. Inilah penyebab mengapa mie instan dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan tubuh. Apabila dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang, maka mie instant dapat mengacaukan metabolisme tubuh. Akumulasi zat kimia berbahaya seperti pengawet dan pewarna akan menjadi racun di dalam tubuh.

Akibatnya, masalah pertama yang muncul adalah rasa begah, susah buang air besar dan ketidaknyamanan. Belum lagi mie instant juga kaya akan kandungan sodium yang dapat menyebabkan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan pada ginjal. Mie instan hanya sedikit kandungan nutrisinya, dan justru lebih banyak mengandung zat adiktif, bahkan senyawa beracun lainnya seperti Tersier Butil Hidroksi Quinolin (TBHQ) yang terserap oleh tubuh.

@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.