4 tahun yang lalu
Oleh: Ridhwan Abdurrahman

Benarkah Generasi Y dan Z Lebih Pandai Dari Generasi X


Mungkin kita memiliki pertanyaan yang sama, lebih pandai kita atau generasi sebelum kita?


Sebelum kita membahas itu, kita akan membahas mengenai usia dari ketiga generasi tersebut. Generasi X sendiri ialah mereka yang lahir pada rentang tahun (1966-1976) atau berkisar usia 43-53 tahun. Kemudian generasi Y ialah mereka yang lahir pada rentang tahun (1977-1994) atau berkisar usia 25-42 tahun. Sedangkan generasi Z ialah mereka yang lahir pada rentang tahun (1995-2012) atau berkisar usia 7-24 tahun. Jika diibaratkan generasi X adalah Orang tua kita, generasi Y adalah senior kita ditempat kerja dan generasi Z adalah kita yang baru saja selesai pendidikan dan mulai masuk kerja dalam Perusahaan. 


Jika kita bahas mengenai benarkah lebih pandai generasi Y dan Z dibanding dengan generasi X akan timbul banyak pendapat mengenai itu. Namun mari kita analisa satu persatu. Generasi X sendiri atau ayah kita lahir dan beranjak dewasa dengan tidak ditemani oleh tekhnologi Internet, itu membuat mereka lebih giat dan serius dalam belajar karna sumber belajar hanyalah dari guru dan buku yang itupun belum banyak, kemudian mereka tidak teracuni oleh Game baik online maupun virtual. Mereka cenderung belajar bersama dan saling kompak antar satu dengan yang lain. Berbeda dengan generasi Y yang bisa dianggap peralihan karena mereka saat kecil teknologi belum berkembang, namun yang saat dewasa merasakan perkembangan teknologi yang semakin terbaru. Berbeda lagi dengan generasi Z yang mengenal teknologi bahkan dari mereka tingkat sekolah dasar. Nah apa perbedaannya? Apa itu bisa menjadi tolak ukur kecerdasan? 


Ada yang berpendapat jika generasi X lebih pandai karena banyak pengalaman, ada juga yang berpendapat bahwa generasi Z lebih pandai karena dari kecil sudah mengenal teknologi. Namun terdapat kerancuan akan makna pandai itu sendiri. Jika pandai dalam artian teknologi tentulah generasi Y dan Z lebih menguasainya karna dengan otak yang masih fresh maka dapat mendukung mereka dalam belajar mengoperasikan teknologi yang ada sekarang, berbeda dengan generasi X yang sudah tua ketika teknologi modern ini ada, mereka cenderung lamban dan tidak gesit dalam mengoperasikannya. 




Namun jika kita mengacu pandai dalam arti kehidupan luas, tentulah lebih pandai generasi X karena mereka telah memiliki berbagai macam pengalaman yang diperoleh selama hidupnya. Generasi mereka terlatih dari keterbatasan yang ada, sehingga banyak mencejak orang yang berjiwa tangguh dan pantang menyerah. Generasi ini dipandang sebagai generasi yang mandiri dan kreatif. Jika kita asumsikan pandai adalah yang menguasai pelajaran hidup maka generasi merekalah yang lebih pandai dibanding generasi milenial.




Berbeda dengan generasi Z yang lahir dilingkup yang sudah dipenuhi dengan teknologi, generasi ini sangat akrab dengan dunia digital serta media sosial. Yang mengakibatkan generasi ini memiliki pikiran terbuka dan spontan dalam mengungkapkan yang dirasakan dan dipikirkannya. Generasi ini yang paling terhubung, terdidik dan termutakhir. Sedangkan untuk generasi Y sendiri cenderung lebih optimis dan percaya diri, ekspresif, bebas dan menyukai tantangan. Itu karena mereka merasakan masa dimana teknologi belum berkembang pesat dan teknologi telah berkembang pesat. 


Dapat kita simpulkan dari pertanyaan “manakah yang lebih pandai? Generasi X atau Generasi Y dan Z?” Kita akan menemukan jawaban yang berbeda terganggung apa pengertian pandai itu sendiri. Namun menurut Psikolog dari Universitas Edinburgh di Skotlandia pada The Times London dalam penelitiannya ditemukan bahwa IQ pria muda menurun dibawah generasi sebelumnya. Ini menandakan kita generasi Z ini cenderung instan dalam berpikir sehingga membuat IQ mereka lebih rendah dari IQ generasi X


@choyei

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.