4 tahun yang lalu
Oleh: Hidayatun nahdia

Kebahagiaan di Indoneisia


Indeks kebahagiaan atau yang dikenal juga dengan Indeks of happiness adalah salah satu indicator yang digunakan untuk mengukur kesejahteraan masyarakat berdasarkan tingkat kebahagiaan masyarakat. Semakin tinggi nilai indeks menunjukkan tingkat kehidupan yang semakin bahagia, demikian pula sebaliknya, semakin rendah nilai indekas maka tingkat kebahagiaan semakan rendah atau menurun.


 

                Memiliki hubungan dekat dan berkualitas dengan keluarga dan orang terdekat membuat seorang menjalanin hidup dengan lebih sehat dan bahagia. Kadangkala sebagian orang tidak menyadari atau bahkan melupakan bahwa hal yangt berpengaruh paling besar pada kepuasan hidupnya adalah keluarga. Melalui waktu berkualitas, ikatan keluarga akan semakin kuat sehingga memberikan dampak kepuasan kehidupan hingga mempengaruhi kebahagiaan.

                Tingkat kebahagiaan Indonesia ini di susun dari 3 dimensi yaitu kepuasan hidup, perasaan dan makna hidup . dari ketiga dimensi ini, kepuasan hidup berkontribusi paling besar yaitu mencapai 35%, dilanjutkan dengan dimensi perasaan sebanyak 31% dan makna hidup 34%. 

Pada tahun 2018 tingkat kebahagiaan Indonesia mengalami perbaikan dibandingkan tahun 2017. Dan saat ini, dalam laporan World Happines Report 2019 yang terbit pada akhir Maret lalu, ranking kebahagiaan Indonesia berada diposisi 92 atau lebih baik 4 tingkat dibandingkan laporan pada tahun 2018 yang berada diposisi 96. Namun, jika dibandingkan dengan Negara Asia Tenggara lainnya, posisi Indonesia masih kalah dibandingkan dengan Singapura yang menduduki peringkat 34, Thailand peringkat 52. Filipina peringkat 69 dan Malaysia peringkat 80. Posisi Indonesia sedikit lebih baik dibandingkan Vietnam, Laos, Kamboja dan Myanmar.



@choyei

Nama : Hidayatun Nahdia

NPM : 20178300049

Prodi : Penf. Matematika smster 4

Mata Kuliah : Ilmu Alamiah Dasar

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.