3 minggu yang lalu
Oleh: Desa Dirung Lingkin

Ketenagakerjaan Di Desa Dirung Lingkin Kecamatan Tanah Siang Selatan Kabupaten Murung Raya


Berkaitan dengan perkembangan situasi dan kondisi ketenagakerjaan di Desa Dirung Lingkin sampai akhir tahun 2023, masih menunjukan keadaan kondusif, walaupun dipihak lain masih dihadapkan pada keterbatasan lapangan kerja dan jumlah pencari kerja yang cukup banyak.

Keadaan ini semakin sulit dikendalikan sebagai akibat krisis ekonomi dankenaikan harga BBM dan banyaknya pencari kerja di Desa Dirung Lingkin adalah sebagai akibat penambahan angkatan kerja baru dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Kondisi ini terus berlangsung diberbagi lapisan dan tingkatan sektor-sektor usaha strategis yang banyak menyerap tenaga kerja.

Keadaan seperti ini memberikan kontribusi sangat besar terhadap jumlah pencari kerja yang tidak terproyeksikan sebelumnya.
Jumlah angkatan kerja pada tahun 2023 sebanyak 200 orang, Jumlah pencari kerja yang dapat tersalurkan dan ditempatkan diperusahaanperusahaan maupun jenis pekerjaan lainnya sebanyak 50 orang, sedangkan sisanya sebesar 150 orang belum mendapatkan pekerjaan.

Untuk tahun 2023 jumlah pencari kerja laki-laki sebanyak 155 orang sedangkan pencari kerja perempuan 45 orang, sedangkan pencari kerja perempuan lebih banyak tersalurkan karena dari perusahaan-perusahaan terutama pabrik-pabrik lebih memprioritaskan tenaga kerja perempuan. Dari segi Pendidikan, lulusan SLTA menempati urutan tertinggi dari jumlah prosentase pencari kerja yang berhasil ditempatkan terhadap total pencari kerja, yaitu menurut tingkat pendidikan mencapai angka 70 %.

Dalam hal penyerapan tenaga kerja, jumlah tenaga kerja yang ditempatkan mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sementara jumlah pencari kerja yang terdaftar mengalami penurunan.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.