5 bulan yang lalu
Oleh: Subandoyo

Klipaa Solusi Untuk Indonesia


Sudah bukan zaman lagi bikin surat ke desa pakai datang bawa KTP karena zaman ini zaman teknologi membuat berbagai surat keterangan bisa dari handphone sambil tiduran di dalam rumah tinggal masuk ke aplikasi Klipa pencet saja surat Betapa mudahnya.

Sudah tidak zaman lagi bikin pengumuman di papan pengumuman desa cukup buat pengumuman di klipa saja dan seluruh warga yang instal klipaa tahu.

Sudah terlampau kuno kita memajang foto-foto kegiatan Project desa di dinding kantor desa itu zaman dulu tahun 80 ketika belum ada teknologi saat ini foto apapun tinggal di posting di klipa dan setiap warga bisa lihat apa sih yang dilakukan oleh desanya. 

Dalam era keterbukaan warga harus tahu Project apa yang ada di desa. Warga juga harus tahu perkembangan proyek karena dana itu dana amanat untuk warga dan dirapatkan melalui musdes.

Jadi Betapa mudahnya Anda tinggal datang foto share di klipa dan setiap orang bisa komen terhadap kegiatan itu maka kepala desa menjadi sangat keren.

Sudah bukan zamannya juga kepala desa koordinasi bertanya tentang kegiatan. Kepala desa cukup suruh saja PKK posyandu karang taruna posting rencana kegiatan mereka di agenda yang ada juga di klipaa. 


Kepala desa tinggal memantau kegiatan hari ini apa besok apa minggu depan semuanya sudah ada di aplikasi klipaa. Sayangnya masyarakat masih sangat suka dengan hal-hal lama teknologi sudah maju sedemikian kencang kita masih senang menggunakan cara-cara lama yang kuno.

Kita perlu sebuah kepemimpinan yang efektif. Teknologi bukan hanya untuk dipajang untuk terlihat keren tapi membantu kepala desa membantu warga membantu Sutra desa untuk mengelola informasi warganya mengelola informasi Project mengelola informasi perubahan di desa.


Nampaknya secara konsepsional sudah sangat sederhana tetapi agak susah di pelaksanaannya Kenapa bukan karena teknologinya, bukan karena kapasitasnya tetapi karena budaya karena culture, karena kebijakan organisasi dan karena niat perubahan yang belum kuat.


Yuk kita rubah, yuk kita bertransformasi, yuk kita lebih keren begitu ya.

10 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.