9 bulan yang lalu
Oleh: Admin Desa Meunasah Lhok

Ini Dia Kelebihan BUMG Gampong Meunasah Lhok Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar


Badan usaha milik Gampong atau disebut BUMD di Aceh sementara di daerah lain disebut badan usaha milik desa.  Lembaga ekonomi Desa ini terbukti sangat membantu Pendapatan asli desa.


Sebagaimana kita ketahui bahwa pendapatan Desa bersumber dari

1. Dana desa yang dikirim langsung dari pemerintah pusat

2. Alokasi Dana Desa. Adalah bagian dari anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD dari kabupaten yang bersangkutan yang persennya dibagikan kepada seluruh desa. Itulah mengapa ADD ini jumlahnya berbeda antara satu kabupaten dan kabupaten lain. Kabupaten di sekitar Sumatera Barat cenderung lebih besar add nya dibanding dengan kabupaten lain. Di Sumatera Barat yang jumlah desanya per Kabupaten hanya sedikit satu desa atau Nagari bisa memperoleh ADD sampai 3 miliar rupiah.

3. Sumber pendapatan desa lainnya adalah bagi hasil pajak kemudian ada juga bantuan keuangan baik dari provinsi maupun dari kabupaten.  Pendapatan dari bagi hasil pajak dan bankeu juga terbatas

4. Pendapatan Gampong atau desa yang sangat potensial berasal dari pembagian keuntungan badan usaha milik Gampong. Beberapa Gampong terbukti mampu Menambah pendapatan dari usaha mereka.


Salah satu Gampong yang berhasil mendapatkan tambahan pendapatan asli Gampong adalah Kampung Meunasah look.  Terdapat beberapa unit usaha yang cukup berkembang di Gampong ini.

Unit usaha tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Unit usaha sapi potong

2. Unit usaha warung


2 unit usaha tersebut telah terbukti memberikan pendapatan bagi desa dan juga memberi kesejahteraan bagi warga desanya.  Sementara di BUMG lain masih kebingungan untuk mengembangankan usaha, atau bahkan belum punya usaha. Pengelola BUMG di Meunasah Lhok sudah sibuk perpikir bagaimana agar suatu saat nanti BUMG bisa memiliki 100 ekor sapi dan mandiri pada saat menghadapi 3 moment meugang di Aceh.

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.