9 bulan yang lalu
Oleh: Anton Heryanto, SIP

Inovasi Social Enterprise Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Jadi DayaTarik Tim Rechecking Lomba Desa

*Inovasi _Social Enterprise_ Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Jadi DayaTarik Tim Rechecking Lomba Desa*


*GARUT, Karangtengah* - Setelah lolos seleksi administrasi pada Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2023, Desa Cinta kini kedatangan Tim Rechecking Lomba Desa dalam rangka klarifikasi lapangan, bertempat di Desa Cinta, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Jum'at (14/7/2023).


Pelaksanaan klarifikasi lapangan ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Garut, Rudy Gunawan, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, pemerintah desa, dan lainnya.


Wagub Jabar menyampaikan, bahwa Kabupaten Garut telah mengibarkan Provinsi Jawa Barat untuk menjadi salah satu kandidat pemenang lomba desa. Ia berharap dengan hadirnya pemerintah beserta masyarakat dapat menambah poin bagi Desa Cinta sehingga dapat menjuarai lomba desa ini.


"Ini membuktikan bahwa kepemimpinan Pak Gubernur berhasil dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena desanya maju identik dengan kesejahteraan masyarakatnya," ucap Wagub Jabar.


Wagub Jabar menyampaikan bahwa dirinya optimis Desa Cinta akan menjadi juara dalam lomba desa ini. Ia memaparkan, bahwa Desa Cinta tidak hanya bagus dari segi pembangunan fisik namun juga dari sisi karakter, di mana pembangunan masyarakat di Desa Cinta menggunakan akhlak yang baik.


"Oleh karena itu seimbang Antara dunia dan ukhrawi dalam pembangunan masyarakat di Desa Cinta ini, maka ini akan menjadi salah satu kriteria pemenang di masa yang akan datang," katanya.


Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan menyampaikan bahwa salah satu yang baik dan membanggakan dari Desa Cinta adalah kegotongroyongan masyarakat serta memiliki Pendapat Asli Desa (PADes) yang bagus.


"Ada 3 (hal), yang satu gotong royong yang bisa menghasilkan uang dalam masuk dalam sistem APBDes digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah," ujarnya.


Selain itu, imbuh Rudy, Pemerintahan Desa Cinta memiliki inovasi yang bagus yaitu membuat suatu gerakan _social enterprise_ yang bisa memudahkan untuk menyelesaikan sebuah persoalan.


"Dan yang ketiga yang kekuatan di sini, ada kekuatan yang tidak bisa tidak dimiliki oleh orang lain. Mereka satu tujuan pak. Begitu dia satu (tujuan), (maka akan) gotong royong," lanjutnya.


Di tempat yang sama, Ketua Tim Recheking, Andi Yuliarmiangsyah Razmi, mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut yang telah berhasil memasuki nominasi 5 terbaik di antara 23.108 desa se-wilayah II Jawa Bali. Semua ini adalah berkat kerja keras pemerintah desa, masyarakat Desa Cinta, Pemerintah Kabupaten Garut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan beberapa pihak lainnya yang terlibat.


"Sebagaimana kita ketahui bahwa lomba desa ini sebagai salah satu bentuk evaluasi untuk menilai perkembangan Desa Cinta, baik dari segi penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan juga kemasyarakatan," ucapnya.


Ia mengatakan, bahwa pada saat penilaian administrasi sebelumnya, pihaknya sudah mencari informasi awal mengenai Desa Cinta, baik melalui _website_ ataupun berita _online_. Selain itu, ia memaparkan bahwa pihaknya sangat merasa terpukau melihat PADes Desa Cinta yang cukup tinggi, di mana hal itu merupakan swadaya masyarakat.


"Apresiasi dari kami, Kemendagri khususnya, bahwa Desa Cinta memiliki partisipasi masyarakatnya khususnya partisipasi masyarakat cukup tinggi dan sudah dikelola dengan baik karena sudah diadministrasikan di dalam APBDes," katanya.


Andi menerangkan, pada kesempatan ini pihaknya hadir untuk melakukan klarifikasi. Ia berharap, dalam klarifikasi lapangan ini pihaknya bisa menggali lebih dalam informasi yang sebelumnya tidak tersampaikan dalam dokumen.


"Karena secara dokumen potensinya cukup banyak, termasuk saya lihat ada yang utama sih domba ya, domba kemudian kopi, mungkin tanaman pertanian ya, nanti kita lihat," ujarnya.


Kepala Desa Cinta, Gaos Hamdani, dalam kesempatan ini memperkenalkan Desa Cinta, sebagai salah satu desa yang berada di pelosok dan lereng gunung, namun memiliki warga masyarakat yang sangat lekat dengan gotong royongnya. Ia meyakini, bahwa desanya tidak kalah dengan desa lain, baik dalam hal _e-government_ ataupun melek terhadap Informasi dan Teknologi (IT) saat ini.


Gaos menceritakan, bahwa pada periode pertamanya, Desa Cinta masih memiliki kelemahan-kelemahan, maka dari itu pihaknya melakukan pendekatan melalui _social enterprise _ kurang lebih selama 12 tahun.


Melalui inovasi sosial enterprise ini, pihaknya tidak memprioritaskan melulu ke profit, namun berusaha mengangkat, agar supaya kegiatan pembangunan ekonomi sosial maupun lainnya lebih mengedepankan benefit.


"Karena kami pemanfaatan keberkahan kaitan meluangkan waktu inovasi termasuk pemerataan pembangunan selalu yang menjadi dasar benefit yaitu keberkahan," katanya.

___________________________

*Caption :*

Pelaksanaan recheking klarifikasi lapangan Lomba Desa tingkat Regional Tahun 2023 yang berlokasi di Desa Cinta, Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut, Jum'at (14/7/2023). (Foto: Deni Seftiana/ Anggana Mulia/ Diskominfo Garut)

----------------------

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto

*_Press Release_ ini juga bisa diakses melalui laman Public Information Center Kabupaten Garut : www.picgarut.id*

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.