11 bulan yang lalu
Oleh: Edy Mantap Priyono

UTS IAD

Pandangan dan Analisa

            Setelah membaca artikel ilmiah berjudul “Menggagas Solusi Tuntas dan Cepat Tata Kelola Sampah Rumah Tangga melalui Pemberdayaan masyarakat dan Desa sebagai Isu Nasional” , Menurut Pandangan saya,  Sampah merupakan salah satu polemic yang dapat terjadi dimasyarakat, apabila cara pengelolaan sampah tidak baik. Sampah yang pembuangannya sembarangan dan tidak sesuai dengan tempat pembuangannya (organic atau non organic) dapat menyebabkan kerugian untuk masyarakat, berupa penyakit, banjir, lingkungan atau udara yang tercemar.Semakin padatnya lingkungan sekitar, semakin berpotensi untuk terjadinya persoalan sampah rumah tangga, juga kecenderungan biaya rehabilitasi lingkungan yang semakin mahal.Perkotaan tumbuh semakin besar, semakin tinggi tingkat polusi, kepadatan, sebaliknya udara bersih, pemandangan indah,dan pemukiman asri menjadi semakin mahal.Sampah rumah tangga saat ini sudah menjadi masalah nasional dan bahkan dunia. Sampah bukan lagi ancaman potensial, tetapi sudah menjadi bencana actual sejak lebih dari 10 tahun yang lalu.

            Untuk mengatasi masalah sampah diIndonesia diperlukan pemberdayaan masyarakat dan desa. Pada banyak rumah tangga, terutama yang tinggal dipemukiman padat penduduk, pengelolaan sampah secara mandiri relative jarang ditemui. Hampir seluruh rumah tangga membuang sampah tanpa dipilah terlebih dahulu.Sampah organic dan anorganic disatukan dalam plastic dan dibuang.

            Pemerintah daerah yang ditugaskan mengelola sampah, secara umum belum efektif menyelesaikan masalah sampah rumah tangga. Sampah yang tidak terkelola oleh pemerintah daerah terbawa aliran sungai dan tersebar secara tidak terkendali sudah menjadi pemandangan biasa, sampah teronggok dipusat-pusat keramaian dan dijalan protocol. Pemerintah daerah sampai saat ini umumnya hanya mengandalkan APBD, mereka belum mempunyai strategi yang efektif untuk mengelola seluruh sampah rumah tangga.

            Mencermati kegagalan pemerintah daerah, perlu terobosan untuk mengatasi sampah yang satu diantaranya ialah upaya menggeser/mendelegasi sebagian kewajiban pengelolaan sampah dari pemerintah daerah ke pemerintah desa. Melihat kondisi ini, maka diperlukan peran serta masyarakat dalam pengelolaan samapah.

            Ada beberapa peran yang dilakukan masyarakat dalam pengolahan sampah diantaranya yaitu Peran aktif, Peran aktif adalah peran seseorang seutuhnya selalu aktif dalam tindakannya, jadi dalam hal ini masyarakat selalu aktif dalam kegiatan pengolahan sampah.Masyarakat selalu aktif dalam kegiatan pengolahan sampah dalam artian masyarakat memiliki partisipasi terhadap sampah yang berserakan. Partisipasi masyarakat tersebut seperti memungut sampah dan membuang pada tempatnya selain itu masyarakat juga aktif dalam pemilahan sampah sampai dengan mengurangi penggunaan barang sekali pakai .

Peran partisipasif yaitu peran yang dilakukan seseorang berdasarkan kebutuhan atau hanya pada saat tertentu saja. Jadi dalam hal ini masyarakat melakukan kegiatan pengolahan sampah hanya pada keadaan tertentu saja. Kegiatan tersebut berupa mengolah sampah menjadi suatu keterampilan, ada beberapa masyarakat yang nelakukan pengolahan sampah menjadi suatu keterampilan, keterampilan yang dimaksud yaiti mengolah sampah plastik menjadi media bercocok tanam dan bungan hias. Selain mengolah sampah ada juga masyarakat yang mengunakan kembali barang yang sudah dipakai diman masyarakat tersebut memodifaksi barang yang sudah dipakai lalu di pakai kembali. Kegiatn ini hanya dilakukan masyarakat pada keadaan tetentu atau hanya berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Terakhir terdapat peran pasif, peran pasif yaitu suatu peran yang tidak dilaksanakan oleh individu. Jadi dalam kegiatan pengolahan sampah ada beberapa masyarakat yang tidak melakukan kegiatan tersebut, kegiatan yang dimaksud yaitu pengolahan sampah berbahaya dan menimbun sampah dengan tanah. kegiatan ini yang tidak pernah dilakukan masyarakat. Jadi dalam kegiatan ini ada beberapa masyarakat yang melakukan peran pasif terhadap pengolahan sampah. Dapat disimpulkan ada beberapa peran masyarakat dalam pengolahan sampah di kelurahan Pentadu Kecamatan Paguat yakni peran aktif, peran partisipasif dan peran pasif.

#UTSIAD

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.