5 tahun yang lalu
Oleh: Dewi Kurnaesih

Educational of Sustainable Development

 EfSD adalah Pendidikan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, yaitu pendidikan yang memberi kesadaran dan kemampuan kepada semua orang terutama generasi mendatang untuk berkontribusi lebih baik bagi pengembangan berkelanjutan pada masa sekarang dan yang akan datang.

 3 pilar penting EfSD yaitu :

1. Ekonomi

2. Ekologi

3. Sosial


 Education of Sustainable Development atau Konsep Pendidikan Pengembangan Berkelanjutan adalah salah satu konsep/metode pembelajaran yang telah disahkan oleh UNESCO. Namun, belum semua sekolah atau lembaga pemndidikan di Indonesia menerapkan metode EfSD ini.

EfSD pertama kali dicetuskan oleh Prof. Dr. Hans J.A Van Ginkel mantan rektor United Nations University dan staf ahli sekjen UN. Dibentuknya konsep EfSD ini dilatarbelakangi oleh semakin tidak terkendalinya populasi manusia baru yang tidak seimbang dengan produktivitas keadaan alam disekelilingnya. Dan perkembangan IPTEK yang dihasilkan malah semakin merusak, dan mengganggu kestabilan alam. Oleh karena itu, metode ini dibuat untuk membentuk manusia yang semakin berkembang semakin melestarikan, mamelihara dan menciptakan teknologi-teknologi ramah lingkungan (mengarah ke Sustainable Developmant).


Fungsi dan manfaat dari EfSD yaitu :

Membangun kapasitas komunitas/bangsa yang mampu membangun, mengembangkan, dan    mengimplementasikan rencana kegiatan yang mengarah kepada sustainable development, yaitu kegiatan yang mendukung pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan ekosistem.

MendidikMendidik manusia agar sadar tentang individual responsibility yang harus dikontribusikan, menghormati hak-hak orang lain, alam dan diversitas, dapat menentukan pilihan/keputusan yang bertanggungjawab, dan mampu mengartikulasikan semua itu dalam tindakan nyata.

Menumbuhkan komitmen untuk berkontribusi dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih aman dan nyaman, baik sekarang maupun di masa mendatang. 

Mendidik manusia agar sadar tentang individual responsibility yang harus dikontribusikan, menghormati hak-hak orang lain, alam dan diversitas, dapat menentukan pilihan/keputusan yang bertanggungjawab, dan mampu mengartikulasikan semua itu dalam tindakan nyata.

Menumbuhkan komitmen untuk berkontribusi dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih aman dan nyaman, baik sekarang maupun di masa mendatang.

#choyei

1 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.