2 tahun yang lalu
Oleh: Alfi Nur Ikrima

Penggunaan IPTEK di desa Gunung Putri-Bogor

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK yaitu ilmu yang harus dikuasai untuk mencapai sumber daya manusia yang berkualitas. Sejarah menunjukkan bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat dilakukan secara instan, tetapi membutuhkan usaha yang terus menerus dan berkelanjutan. Salah satu misi pengembangan iptek adalah  mewujudkan masyarakat Indonesia yang cerdas dan inovatif dalam peradaban  berbasis pengetahuan.

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ilmu yang mempelajari  perkembangan teknologi yang berbasis pada ilmu pengetahuan. Dalam perkembangan global, ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan beriringan untuk membentuk  kemajuan.

 Sains adalah studi tentang sifat dan perilaku dunia fisik dan alam dengan metode ilmiah. Sains didefinisikan sebagai pengamatan, identifikasi, deskripsi, eksperimen, penyelidikan, dan penjelasan teoretis tentang fenomena alam.

 

 Teknologi adalah seperangkat teknik dan proses yang digunakan dalam produksi barang atau jasa atau untuk mencapai tujuan seperti penelitian ilmiah. Teknologi mengacu pada metode, sistem, dan perangkat yang merupakan hasil dari pengetahuan ilmiah yang digunakan untuk tujuan praktis.

Ilmu pengetahuan telah memberi orang kemampuan untuk memecahkan masalah sosial seperti etika, estetika, pendidikan dan keadilan; kreativitas budaya; dan  memperbaiki kondisi manusia. Ilmu pengetahuan kemudian menciptakan teknologi canggih yang dapat mempermudah kerja manusia.

Hasil wawancara dengan kepala Ds. Gunung Putri-Bogor, Bapak Aris

1. Bagaimana pendapat bapak mengenai IPTEK?

Menurut bapak Aris, IPTEK sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat desa Gunung Putri, karena dengan IPTEK perekonomian di desa dapat tumbuh dengan pesat sehingga membantu dan mendorong produktivitas dan kegiatan masyarakat baik dalam bidang pertanian, peternakan, industri, mapun perkebunan.

2. Apakah di daerah desa Gunung Putri sudah menggunakan IPTEK? Bagaimana pemanfaatannya?

Ya, ada banyak contoh IPTEK yang sudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Contohnya pembagunan waduk sebagai media penyimpanan cadangan air saat terjadi hujan, pembuatan gorong-gorong yang luas agar tidak menimbulkan banjir, adanya perbaikan fasilitas pendidikan di sekolah SD, SMP, maupun SMA/SMK Gunung Putri melalui penyediaan komputer, perpustakaan, buku belajar, dll, semua warga mamp mendapatkan fasilitas yang layak secara adil.

Dengan adanya IPTEK juga dapat dijadikan media promosi bagi tempat-tempat wisata di desa Gunung Putri selain itu dapat memplubikasikan informasi terupdate meliputi kegiatan-kegiatan yang terjadi di desa Gunung Putri

3. Menurut bapak, adakah dampak yang ditimbulkan melalui penggunaan IPTEK di desa Gunung Putri?

Ya ada, dampak positif IPTEK pada masyarakat yaitu kemudahan berbagi informasi seputar kegiatan desa seperti informasi vaksin, kerja bakti, dan lain-lain. Dengan adanya IPTEK memudahkan pemerintah setempat dalam upaya melakukan pembangunan melalui kemudahan distribusi dalam kegiatan ekonomi, peningkatan bidang produksi, kemudahan mempromosikan produk, mampu meningkatkan kualitas pendidikan dengan baik.

Di sisi lain, ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan adalah rendahnya literasi masyarakat mengakibatkan masih banyak masyarakat terutaa orang tua yang masih awam untuk terjerat oleh berita-berita palsu/hoax sehingga menimbulkan kegelisahanan, kekhawatiran dan miskonsepsi antara pemerintah desa dengan masyarakat sekitar. Selain itu penggunaan IPTEK yang dapat dengan mudah di akses untuk semua kalangan umur menyebabkab banyak resiko kemungkinan yang terjadi seperti dengan bebas mengakses facebook, whatsapp, game online, yang membuat masyarakat terutama remaja dan anak-anak kecanduan oleh Handphone, sehingga banyak dar mereka yang menjadi malas belajar, jauh dari keluarga, dan sulit bersosialisasi di masyarakat. Dengan adanya IPTEK pula masyarakat berlaku konsumtif dan lebih suka mengikuti budaya-budaya modern.

4. Bagaimana upaya bapak untuk meminimalisir dampat negatif terkait penggunaan IPTEK oleh masyarakat di desa Gunung Putri?

Diharapkan adanya pengawasan yang baik terutama dari orang tua apabila anak menggunakan handphone melihat saat ini situasi pandemi sehingga belajar secara daring, menanamkan cinta budaya dan tanah air, menggunakan IPTEK sesuai dengan kebutuhan masing-masing, dan meningkatkan minat literasi, menyaring informasi yang lebih akurat melalui sumber yang terpercaya untuk meminimalisir hoax atau berita palsu sebelum menyebar luaskan kepada orang lain.


IPTEK sangat berperan penting bagi kehidupan manusia di zaman ini, selain itu dengan adanya IPTEK mampu mempermudah kegiatan manusia sehari-hari. Gunakan IPTEK secara bijak agar tercipta lingkungan yang aman dan sejahtera.


#TugasPLH

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.