Education for Sustainable Development

5 hari yang lalu

Education for Sustainable Development (EfSD) adalah pendidikan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yaitu pendidikan yang memberi kesadaran dan kemampuan kepada semua orang terutama generasi mendatang untuk berkontribusi lebih baik bagi pengembangan berkelanjutan pada masa sekarang dan yang akan datang.


EfSD memiliki 3 pilar penting yaitu :

1. Ekonomi,

2. Ekologi, dan

3. Sosial.

Kenapa 3 pilar tersebut penting?

Karena ketiga pilar tersebut sangat berkaitan satu sama lainnya. Artinya ekonomi tidak akan berjalan tanpa alam (ekologi) dan kehidupan sosial harus didukung oleh ekologi dan ekonomi.

EfSD yaitu salah satu konsep atau metode pembelajaran yang telah disahkan oleh UNESCO. EfSD sendiri pertama kali dicetuskan oleh Prof. Dr. Hans J. A. Van Ginkel yang merupakan seorang mantan rektor dari United Nations University (UNU) dan staf ahli sekjen UN.

Dibentuknya konsep EfSD ini dilatarbelakangi oleh semakin tidak terkendalinya populasi manusia baru yang tidak seimbang dengan produktivitas keadaan alam disekelilingnya. Dan perkembangan IPTEK yang dihasilkan malah semakin merusak, dan mengganggu kestabilan alam. Oleh karena itu, metode ini dibuat untuk membentuk manusia yang semakin berkembang semakin melestarikan, memelihara dan menciptakan teknologi-teknologi ramah lingkungan (mengarah ke Sustainable Development).


EfSD memiliki 3 manfaat yaitu :

1. Membangun

Maksud membangun disini adalah membangun kapasitas komunitas/bangsa yang mampu membangun, mengembangkan, dan    mengimplementasikan rencana kegiatan yang mengarah kepada sustainable development, yaitu kegiatan yang mendukung pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan ekosistem.

2. Mendidik

Mendidik manusia agar sadar tentang individual responsibility yang harus dikontribusikan, menghormati hak-hak orang lain, alam dan diversitas, dapat menentukan pilihan atau keputusan yang bertanggungjawab, dan mampu mengartikulasikan semua itu dalam tindakan nyata.

3. Menumbuhkan

Menumbuhkan komitmen untuk berkontribusi dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih aman dan nyaman, baik sekarang maupun di masa mendatang. 


"Sustainable development is the pathway to the future we want for all. It offers a framework to generate economic growth, achieve social justice, exercise environmental stewardship and strengthen governance." (Ban Ki-moon)


@Choyei




0 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.