EFSD untuk Generasi Muda

5 hari yang lalu

Dewasa ini, keprihatinan akan kemerosotan mutu lingkungan hidup bukan lagi sebatas isu lokal atau Negara saja, melainkan sudah menjadi keprihatinan masyarakat internasional.

Kemerosotan mutu lingkungan hidup saat ini telah sampai pada tingkat yang dapat mengancam kelangsungan hidup manusia di bumi. Kita bisa lihat contoh yang sering terjadi akibat tidak pedulinya akan pelestarian lingkungan hidup, seperti kebakaran hutan, tanah longsor yang disebabkan penebangan liar atau banjir karena pembuangan sampah sembarangan.

Menurut saya perlunya upaya-upaya baik secara internasional, regional maupun lokal untuk mengatasai kemerosotan akan lingkungan hidup.

Untuk itu, dengan pelestarian lingkungan hidup, maka peran generasi muda sangat penting dalam melakukan upaya-upaya bersama seperti kegiatan menanam pohon di lingkungan rumah, melakukan reboisasi secara masal di daerah pegunungan, melestarikan hutan-hutan, memberantas terjadinya illegal logging, melakukan kampanye perlunya pelestarian lingkungan hidup, dan berbagai upaya lain yang ekonomis tapi berdampak jangka panjang.

Tokoh pemerhati lingkungan hidup yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga tahun 2004-2009, Adhyaksa Dault juga pernah mengatakan bahwa pendidikan lingkungan hidup bagi generasi muda sangatlah penting. Sebab pendidikan lingkungan dapat mengubah pandangan dan perilaku seseorang terhadap lingkungannya. Generasi muda itulah awal yang potensial untuk membangun dan mejaga lingkungan hidup. Sebagai generasi muda yang mencintai dan melestarikan alam sekitar, berarti juga perwujudan nyata akan kesyukuran anugerah Tuhan yang amat bernilai terhadap kesejahteraan kehidupan.


@choyei

0 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.