2 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

Ketika Semangat Persaudaraan Konferensi Asia Afrika Merasuki PABPDSI di Musium KAA Bandung


Ketua Panitia Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia ( PABPDSI) A Wahid Mulyawan nampak sangat bersemangat dan penuh energi walau sudah berhari hari kerja keras menyiapkan acara Rakernas.  Ketua panitia pelaksana yang merupakan ketua BPD Desa Ngamplang Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut itu tampak antusias.  Ia serius mengikuti  acara gladi bersih yang diselenggarakan pada hari Rabu Malam tanggal 24 November 2021 di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Kota Bandung.

Semangat persaudaraan sangat kuat perpancar dari wajah wajah peserta Gladi Bersih yang seluruhnya adalah para anggota BPD. Mereka yang terlibat dalam kepanitiaan,  bertanggung jawab pada suksesnya acara.  Suasana malam itu makin meriah setelah kedatangan delegasi dari Papua yang berpartisipasi mempersiapkan pertunjukan kesenian. Delegasi papua direncanakan menampilkan tarian Sagu, sebuah tarian yang menggambarkan suka cita dan rasa sukur warga papua terhadap Tuhan Yang Maha Esa, tarian syukur bagi pencitaan Sagu sebagai salah satu makanan pokok warga Papua.

Musik yang enerjik mengiringi gerakan gerakan lincah para penari Papua, dengan latar belakang panggung bendera berbagai negara sahabat peserta KAA Tahun 1955. Latar penuh sejarah membawa suasana gladi bersih tampak berbeda.  Tim klipaa sempat bertanya pada delegasi Papua ternyata mereka datang dari berbagai kabupaten, ada yang berasal dari Serui, Timika dan  Jayapura. Semua larut dalam suasana persahabatan, semangat perubahan, dan juga antusias berkontribusi membangun Indonesia dari Desa


BPD adalah representasi dari keterwakilan warga desa dalam membangun desanya, menjadi motor penggerak desa inklusi sebagaimana diamanatkan oleh Permendesa PDTT No 07 tahun 2021 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.  Desa inklusi memastikan semua mendapat peran di desa tanpa kecuali.

Pada Rakernas kali ini yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 November 2021 menguatkan eksistensi dan barisan perjuangan BPD agar dapat menjadi bagian penting yang memastikan bahwa seluruh pembangunan desa berpihak pada kepentingan warga desa.  BPD yang solid dan kuat dan mempunyai kapasitas dan integritas moral yang tinggi akan menjadi bagian penting dari cita cita desa sejahtera, desa tanpa kelaparan, desa tangguh, desa sehat,  juga desa belajar.

Malam semakin larut mendekati tengah malam, suasana di ruang utama masih ramai dengan persiapan. Semangat berkarya  membuat energi para peserta meningkat, mereka larut dalam semangat persaudaraan sebagaimana spirit gedung merdeka. Semangat perubahan dan semangat juang selalu menjadi satu, menjadi harapan baru Indonesia.


Anggota BPD yang berdaya di masa depan, akan menjadi gelombang kekuatan yang dapat memoderasi segala potensi di desanya agar aktual, memastikan dana desa dipergunakan dengan benar melalui pengawasan ketat, dan membuat regulasi lokal desa yang efektif meningkatkan ekonomi desa, juga modal sosial desa yang lebih jujur, lebih punya integritas, lebih punya militansi pada pengembangan desanya sendiri.

Selamat berjuang PABPDSI, selamat mengkonsolidasi kekuatan desa membangun Indonesia.

#PABPDSI

#Sekolahdesaterpadu

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.