2 tahun yang lalu
Oleh: Subandoyo

Perhimpunan Anggota BPD Seluruh Indonesia (APBDSI), Organisasi yang Mengawal Dana Desa Tepat Sasaran


Nama PABPDSI masih asing terdengar di kalangan masyarakat, padahal Perhimpunan Anggota BPD Seluruh Indonesia ini sudah eksis dari tingkat nasional sampai tingkat desa. Struktur kepengurusan sudah lengkap, dan hanya diisi oleh para anggota BPD, tidak diperkenankan selain anggota BPD menjadi pengurus inti.

Banyak orang berharap pada PABPDSI agar menguatkan peran PBD sebagai pengawal uang rakyat di desa. Mengingat secara legal, kedudukan BPD sangat kuat.  Organisasi yang lahir atas perintah UU Desa untuk merencanakan penganggaran, membuat aturan di desa dan melakukan pengawasan pada kerja pemerintah desa.

Singkatnya BPD membuat pengelolaan dana desa anti bocor

BPD adalah DPRD skala desa yang mempunyai fungsi sama, yaitu penganggaran, pengawasan dan legislasi di tingkat desa.  Sayangnya seringkali kurang optimal, seperti  banyak curhat dari anggota  BPD di Kabupaten Garut yang menyatakan bahwa hubungan BPD dan pemerintahan desa pada umumnya kurang harmonis.

Fenomena BPD dan Pemerintahan desa kurang harmonis sudah bukan rahasia, dengan demikian maka PABPDSI berupaya untuk meningkatkan kapasitas  dan peran BPD, agar lebih tangguh dan sinergi, dengan berbagai program berikut:

·         Menyelenggarakan DIKLAT Bagi Anggota BPD secara komprehensif

Dengan diklat maka seluruh anggota BPD tahu persis apa yang harus dilakukan pada saat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi anggaran. Dengan pendidikan yang komprehensif diharapkan seluruh anggota BPD mengerti, faham dan terampil dalam mengawal dana desa, membuat regulasi di tingkat desa dan memastikan bahwa masyarakat aktif dan terwakili dalam musdes dan dalam pengambilan keputusan pembangunan di tingkat desa.

Untuk penyelenggaraan diklat, PABPDSI sedang mengembangkan kurikulum khusus untuk pelatihan anggota BPD  dalam bentuk modul modul pemberdayaan, baik berupa teks, video dan audio.  Seluruh proses pendidikan BPD berada pada unit otonom bernama Sekolah Desa Terpadu. Di masa depan Sekolah Desa Terpadu itu yang akan memastikan bahwa sumber sumber belajar untuk desa, baik regulasi, contoh contoh program terbaik akan dikumpulkan dan menjadi database penting Sekolah Desa Terpadu

 

·         Menjadi tempat pengaduan dan pembahasan kasus kasus

PABPDSI akan menjadi organisasi  tempat pengaduan dan pembahasan kasus kasus yang dialami desa. Anggota dapat berkonsultasi tentang cara penganggaran yang lebih baik, program program desa yang lebih efektif dalam rangka mewujudkan desa bebas lapar, desa tanpa kemiskinan,  desa inklusi.  Desa yang dimiliki dan mengayomi seluruh warga baik kaum perempuan, anak anak muda, kaum disabilitas, dan mereka yang secara sosial ekonomi kurang beruntung. Semua kalangan  dipastikan dapat berperan dalam pembangunan desa secara berkeadilan.

BPD  tidak lagi boleh merasa sendiri menghadapi masalah masalah di desanya. PABPDSI akan sekuat mungkin melakukan dukungan dalam bentuk dukungan moral, dukungan pendampingan, dukungan pemberitaan, bantuan hukum, dan dukungan lain untuk memastikan bahwa seluruh anggota dapat menampilkan kinerja terbaik di desa masing-masing. 

·         Menyediakan publikasi untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di tingkat desa

PABPDSI akan bekerjasama dengan berbagai media massa yang akan menjadi semacam media partner untuk mempublikasi prestasi anggotanya dalam memastikan pembangunan desa dengan tatakelola baik, dengan partisipasi tinggi, dan dengan akuntabilitas yang tinggi pula. Di Kabupaten Garut misalnya klipaa.com menjadi media yang menjadi partner dalam meningkatkan konsep desa inklusi, desa partisipatif dan desa kolaboratif.

 

·         Melakukan pendampingan hukum

Untuk menjaga agar peran, tugas dan fungsi BPD dapat berjalan dengan baik tanpa tekanan kepentingan pihak pihak lain maka PABPDSI mempunyai divisi hukum sendiri, agar seluruh warga PABDSI dapat jaminan bantuan hukum dalam kerangka melaksanakan peran, tugas dan fungsinya sebagai amanah di desanya masing masing.

 

·         Meningkatkah kualitas hubungan sinergi dan kolaboratif

Hubungan yang sinergis terutama dengan pemerintahan desa dalam rangka meningkatkan kualitas pekerjaan, kualitas penyelenggaraan, kejujuran dan amanah dalam penggunaan dan desa.  Sinergis hanya dapat terjadi dalam kedudukan yang setara, dimana semua pihak saling terbuka, saling jujur dan saling percaya.

Banyak harapan tersematkan pada PABPDSI baik harapan internal maupun harapan di masyarakat.  Keberadaan PABDSI menjadi secercah cahaya untuk meningkatkan akuntabilitas anggaran, dan terutama mengawal dana desa agar betul betul efektif, efesien dan tepat sasaran.

Dalam kontens anggaran PABDSI akan selalu berada di garda terdepan untuk menjaga agar Desa betul betul menjadi garda terdepan mewujudkan Indonesia hebat, untuk tujuan sangat mulia Membangun Indonesia dari Desa.

 

#PABPDSI

#SekolahDesaTerpadu

#BPD

#DesaBebasLapar

0 Komentar

Silahkan LOGIN untuk berkomentar.