Sosial Budaya Sumatera Barat

6 hari yang lalu

Bermain sambil belajar merupakan kalimat yang cukup tepat untuk tugas kali ini. Kami melaksanakan outing class dengan mengunjungi Taman Mini "Indonesia Indah" untuk memenuhi tugas ISBD.
Setiap kelompok ditugaskan untuk melakukan observasi di salah satu anjungan di TMII. Dalam 1 kelas, ada 7 kelompok. Jadi, kami melakukan observasi di 7 anjungan yang berbeda. Aku bersama 2 temanku dalam kelompok 2 memilih anjungan Sumatera Barat. Memiliki arsitektur rumah yang unik dan cantik membuatku tertarik.

Dianjungan Sumatera Barat, kami memasuki rumah tradisional yang biasa disebut Rumah Gadang atau Rumah Bagonjong atau Rumah Anjuang. Disebut Rumah Anjuang karena pada bagian sayap kanan dan kiri dalam rumah tersapat Anjuang (pelaminan).
Dibagian depan rumah terdapat dua buah Rangkiang untuk menyimpan padi. Tidak jauh dari Rumah Gadang, ada Balairung sebagai tempat pertemuan dan ada Surau sebagai tempat ibadah dan tempat "merantau" untuk pria dewasa yang belum menikah.


Bagian atap rumah terbuat dari ijuk. Tiang Rumah Adat tidak ditanam semua. Tiang diletakan diatas batu yang keras dan lebar serta menggunakan pasak untuk sambungan kaso besar untuk mengurangi resiko rusak saat gempa. Bagian dalam Rumah Gadang terdiri dari bagian yang dibuat terbuka dan kamar-kamar. Wanita sepuh dan anak-anak dijadikan satu kamar yang berada di dekat dapur dan anak-anak gadis dijadikan satu kamar diseberang dari kamar anak-anak.

Tetapi, bagian dalam rumah yang berada di anjungan Sumatera Barat dipamerkan berbagai baju pengantin dari masing-masing kabupaten dan kota. Selain baju pengantin, ada juga kerajinan dan alat-alat rumah tangga disana.

Ukiran-ukiran yang ada diseluruh bagian luar rumah, sangat indah. Motif tumbuhan dan bunga dengan warna dominasi merah. Keindahan ukiran menunjukkan tingginya jiwa seni orang Minang.

Dalam hal kuliner, masakan orang Minang dekat dengan rasa pedas. Rasa masakan yang pedas dari cabai dapat menghangatkan tubuh bagi yang tinggal di pegunungan.

FitriHdyn97_5122018

0 Komentar

Silahkan login untuk berkomentar.